Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketahui Cara Cerdas dalam Bermedia Sosial

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:20:27Z

Saat ini media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam bersosialisasi dan berkomunikasi. Adanya media sosial, setiap orang dapat saling bertukar informasi secara cepat, mengekpresikan diri, berbagi pengalaman atau cerita, mengakses gambar atau video serta berbagai pengetahuan, dan berinteraksi dengan orang banyak tanpa terikat ruang dan waktu tentunya. Namun, saat ini tidak sedikit terjadinya penyalahgunaan media sosial.

Ketika menggunakan media sosial sudah seharusnya bersikap cerdas. Agar merasakan kenyamanan dan terhindar dari kejahatan atau cyber crime dalam bermedia sosial, alangkah baiknya setiap pengguna mengetahui cara atau aturan bermedia sosial. Lalu bagaimana cara menggunakan media sosial secara cerdas itu?

Dalam berkomunikasi di media sosial, kadang kita lupa akan adanya etika dalam berkomunikasi. Saat ini tidak sedikit kita temukan kata-kata tidak wajar yang muncul dalam sebuah percakapan, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Sebaiknya dalam melakukan komunikasi kita menggunakan bahasa yang baik, sopan dan santun pada akun media sosial yang kita miliki.

Tidak menyebarkan informasi yang berhubungan dengan SARA (Suku, Ras, dan Agama), ujaran kebencian, pornografi, dan aksi kekerasan di media sosial. Sebarkan hal-hal yang bermanfaat dan berguna untuk orang lain dan untuk kita agar tidak menyebabkan berbagai macam konflik.

Saat ini tidak jarang kita temukan berita bohong atau sering disebut dengan hoax. Oleh karena itu, ketika mendapatkan suatu informasi, alangkah baiknya periksa kebenaran informasi tersebut jangan langsung meneruskan kepada orang lain. Cerdas dan telitilah ketika mendapatkan informasi, mana yang berguna dan mana yang tidak berguna untuk kita.

Pengguna media sosial juga diimbau untuk tidak terlalu mengumbar informasi pribadi dengan mudah. Ada baiknya kita sebagai pengguna bijak dalam menginformasikan kehidupan pribadi karena saat ini banyak cyber crime yang terjadi.

Maka pergunakanlah media sosial sebaik mungkin dalam hal apapun serta bersikap cerdaslah dalam menggunakan media sosial agar banyak hal-hal positif yang didapatkan. Dengan bersikap cerdas dalam bermedia sosial juga tentunya akan merasakan kenyamanan dan terhindar dari kejahatan atau cyber crime yang saat ini sering terjadi. Selain itu juga akan menciptakan hubungan yang baik dan harmonis dengan sesama pengguna di media sosial.

Oleh: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update