Kembangkan Skill Khitabah Melalui Lomba Dakwah Digital

Dakwahpos.com, Bandung- Pada bulan November Majelis Dakwah Pengurus Besar Al-Washliyah dan Bidang Dakwah Pengurus Al-Washliyah Jawa Barat telah mengadakan Lomba Digital tingkat nasional dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Al-Jamiah Washliyah ke-91 pada Selasa, (30/11/2021).

Lomba ini terbuka untuk umum mulai dari kategori Anak (SD), Remaja (SMP/MTS sederajat), Dewasa (Mahasiswa dan umum). Lomba ini memiliki beberapa peraturan diantaranya untuk durasi video 5-7 menit, dan juga ada ketentuan khusus bagi seluruh peserta yaitu untuk diakhir ceramah peserta wajib mengucapkan   "Nashrum minnallah wa fathung qoriib wabassiril mu'min wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuuh dan juga mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 91 untuk Al jami'atul washilyah", Adapun untuk penilaian yang di berikan juri kepada peserta adalah seperti materi 40%, retorika 35% dan etika ketika sedang berceramah 25%.

Dalam kategoti dewasa mayoritas peserta adalah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya jurusan KPI sebagai tugas mata kuliah Jurnalisme Dakwah. Salah satu mahasiswa, Ahmad Fahmi Latif F mengikuti perlombaan dakwah digital ini. Fahmi menyampaikan tenytang keutamaan dalam beribadah dengan durasi sekitar enam menit.

Fahmi menyampaikan ceramahnya dengan penuh semangat dan penuh makna, motivasi dia mngikuti dakwah digital ini adalah untuk mengembangkan potensi dalam khitobah terutama ceramah dan juga untuk menyebarkan syiar tentang keagamaan .

"Terimakasih kepada Pak Uwes selaku dosen pengampu mata kuliah Jurnalisme Dakwah, saya sangat senang dengan adanya perlombaan ini karena saya bisa menambah skill dalam khitabah terutama dalam ceramah, meskipn saya tidak melihat dari hadiahnya", tutur Fahmi.

Perlombaan ini mendapatkan apresisasi dari teman Fahmi, mengatakan bahwa pelombaan ini membuka kesempatan besar untuk melatih dan mengembangkan kemampuan dalam khitabah khususnya dalam berceramah. Terlebih lagi khitabah adalah salah satu ranak dalam jurusan KPI.

Attachments area

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023