Kedamaian dalam bermasyarakat Buah dari Toleransi


Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk sebanyak 273.523.615 jiwa, menempati posisi ke-4 didunia setelah China, India, Amerika Serikat, dikutip dari platform Detik.com. Letak geografis Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Marauke sepanjang garis timur ke barat. Catatan terakhir dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pulau di Indonesia mencapai 17.000 lebih dengan beberapa pulau yang belum tervalidasi di tingkat Internasional.

Luasnya wilayah Indonesia, membuat pemerintah melakukan upaya agar semua wilayah mendapatkan hak yang sama sebagai Warga Negara Indonesia. Salah satunya dengan menjalankan program Transmigrasi dan Urbanisasi. Transmigrasi masyarakat desa ke kota sudah menjadi hal yang awam dan urbanisasi masyarakat kota ke kedesa pun sudah banyak dilakukan untuk melakukan pemerataan jumlah penduduk yang berpengaruh terhadap proses pembangunan infrastruktur di masing-masing daerah. Dengan begitu tidak aneh jika di suatu daerah ditemukan warga dari daerah lain yang melalukan transmigrasi ataupun urbanisasi.

Masing masing daerah di indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan, kebiasaan, agama, suku budaya, dan ras. Perbedaan tersebut menjadi kekayaan budaya yang hanya dimiliki oleh Indonesia. Kelebihan tersebut diharapkan melahirkan bermacam opini dan saran dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan terstruktur. Disamping kelebihan dalam perbedaan, terdapat juga kekurangan dalam banyaknya perbedaan yang ada. Namun, jangan jadikan perbedaan menjadi penghalang untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Setiap suku memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi perbedaan dan permasalahan, mulai dari perbedaan pendapat, perbedaan cara pandang dan masalah pribadi hingga mencakup permasalahan sosial masyarakat. Diperlukan sikap toleransi dalam menaggapi perbedaan dan permasalahan tersebut di lingkungan masyarakat. Toleransi adalah sikap manusia untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan, baik antarindividu maupun kelompok.

Contoh dari toleransi dalam bermasyarakat adalah dengan menghargai perbedaan pendapat, tidak menjelek-jelekan seseorang di depat orang lain, tidak mengganggu umat  agama lain dalam beribadah, tidak mencela perbedaan warna kulit, ras dan adat-istiadat. Upaya yang dapat dilakukan tersebut dapat menciptakan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat.

Kayla Mumtaz Farhanah

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023