Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keamanan dan Kenyamanan Bersama Jadi Hal Penting

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:28:14Z

Dakwahpos.com, Bandung- Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Dari segi kehidupan maupun dari segi pekerjaan manusia tidak bisa melakukannya dengan sendiri. Bekerja sama, bergotong royong dan saling membantu dengan yang lain sudah menjadi sifat yang melekat.

Indonesia memiliki suku, bahasa, dan budaya yang beragam. Sebagai makhluk sosial, sangat penting bagi manusia untuk memiliki sikap toleransi. Saling menghargai dan menghormati dengan yang lain sudah sepatutnya dilakukan. Berbeda pendapat dan keyakinan pun sudah biasa, akan tetapi jika memiliki sikap toleransi kita akan terhindar dari perpecahan akibat banyaknya perbedaan.
 
Sikap toleransi mengajarkan kita untuk selalu berperilaku baik dan menerima perbedaan yang terdapat pada orang lain. Toleransi membuat kita tidak mudah marah, memaksakan pendapat, atau menolak pendapat orang lain yang berbada. Dengan adanya sikap toleransi pada diri, akan terwujudnya masyarakat yang rukun, saling menghargai, dan menerima satu sama lain.

Upaya yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan sikap toleransi di masyarakat adalah dengan berbuat baik kepada tetanggatanpa membeda-bedakan suku dan agamanya, ikut serta dalam kerja bakti desa secara rutin, menghormati orang dari agama lain yang sedang beribadah, menghargai pendapat dari warga lain ketika bermusyawarah. Tidak sulit bukan?

Dengan adanya sikap toleransi dalam kehidupan, kenyamanan dan ketentraman masyarakat akan terjaga tanpa adanya konflik karena perbedaan tertentu.

Pernah dipublikasikan di Media Indonesia pada tanggal 1 Desember 2021.

Reporter : Al-kindi Nur Fuadi, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update