Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jika Tidak Bijak Gunakan Media Sosial, Kita Bisa Jadi Korban

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:49:04Z



Media sosial adalah sebuah media daring atau alat yang digunakan untuk berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Media Sosial juga adalah alat atau media yang paling banyak di gunakan oleh manusia diseluruh dunia. Di Indonesia saja, lebih dari separuh penduduknya kian aktif menggunakan platform media sosial. Apalagi di era pandemi, tepatnya pada Januari 2021, tidak tanggung-tanggung, total pengguna mencapai 170 juta dari total 274,9 juta atau 61,8%.

Namun perlu diperhatikan, dalam menggunakan media sosial, kita harus berhati-hati dan jangan ceroboh. Jika kita ceroboh dan tidak bijak dalam menggunakan media sosial, kita bisa menjadi korban.

Sudah banyak kejadian dan korban, orang yang tertipu atau teriming-imingi sesuatu hal atau produk. Sehingga semua data-data si korban bisa diketahui dan diambil oleh pelaku, dan dimanfaatkan untuk kejahatan atau yang lainnya. Seperti pencemaran nama baik, pinjaman online, dan yang lainnya dengan mengatasnamakan si korban.

Maka dari itu bijaklah dalam bermain dan menggunakan media sosial, sebelum media sosial bisa menjadi boomerang yang mampu menyerang balik balik sipemiliknya. Bijak dalam segala hal, bijak dalam memposting foto atau data diri, dan bijak dalam mengklik atau memercayai postingan orang yang menawarkan sesuatu.

Khoerul Rohman
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update