Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jangan Sepelekan Bencana

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:32:47Z

Bencana alam merupakan sebuah bencana yang terjadi karena adanya serangkaian atau Peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, , gunung meletus, tsunami, kekeringan, banjir, kekeringan, tanah longsor, dan angin topan.

Bencana saat ini sudah kembali lagi ke tanah air hingga membuat beberapa orang ada yang meninggal karena bencana, berbagai bencana sedang melanda tanah air, tsunami, gunung meletus, banjir, hingga longsor pun sudah ada, kita sebagai masyarakat Indonesia jangan pernah diam saja karena bencana bukan hanya tertimpa kepada satu orang namun kita semuanya juga bisa ikut tertimpa, cintailah tanah air dengan selalu menjaga lingkungan alam yang ada di sekitar kita.

Salah satu masalah yang sangat besar adalah masih ada orang yang tidak peduli dengan adanya mitigasi bencana, mereka tidak bersiap untuk menjaga dirinya sendiri seperti tidak tau cara bagaimana menghindari tsunami, banjir, gunung meletus, longsor, kebakaran hutan, dan sebagainya. Banyak orang yang masih malas untuk mengetahui bagaimana cara menghindari nya saat bencana terjadi.

Bencana longsor dan banjir datang berkali-kali di negeri ini, belum lama saudara kita yang tinggal di Jawa timur baru baru ini sedang di Landa musibah yaitu meletusnya gunung Semeru hingga ada banyak korban yang tertimpa larva yang di keluarkan dari perut gunung Semeru, menurut catatan Neumann bahwasanya letusan gunung Semeru tidak hanya sekali meletus saja namun sudah sangat sering terjadi sejak pada awal abad ke-19.

Tindakan yang harus kita ambil ketika bencana hadir salah satunya misalkan cara menghindari gempa bumi kita jangan langsung panik agar ketika kita keluar dari gedung atau rumah tidak terjatuh dan keluar dengan baik, kita juga harus mencari tempat yang jauh dari gedung-gedung dan pepohonan yang dapat runtuh karena disebabkan oleh gempa yang besar.

Bencana alam dapat mengakibatkan kehidupan sosial atau perekonomian menjadi hancur namun kita juga jangan menyerah harus bisa menjaga diri sendiri. Maka dari sini bahwasanya sayangilah diri kita sendiri dan orang- orang di sekitar dengan cara jangan menyepelekan bencana karena bencana datang kapan saja tanpa kita ketahui namun kita harus bisa tenang dalam menyikapi itu semua.

Oleh : Siti Muhibatul Rohmah/KPI 3D 
Mahasiswa UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update