Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jangan Panik Menghadapi Musim Pancatoba

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:47:15Z



Pancaroba adalah salah satu peralihan musim atau peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya, yang dimana peralihan cuaca tersebut sering mengakibatkan cuaca menjadi ekstrim. Sehingga, tubuh manusia tidak bisa beradaptasi dengan cepat, perlu mebutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan peralihan cuaca ini.

Perubahan cuaca ini juga, bisa menimbulkan atau mengundang penyakit. Karena, efek dari tidak teraturnya suhu udara dan lingkungan dapat menyebabkan virus-virus dan bakteri dengan mudah untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi di dalam tubuh manusia. Seperti pilek, flu, batuk, sakit tenggorokan, panas dalam, demam berdarah, bahkan bisa menyebabkan tifus. Meskipun peyakit tersebut bisa diobati, tapi tetap saja mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Meskipun demikian, pancaroba dapat mengundang penyakit karena virus dan bakteri bisa menyebabkan infeksi pada tubuh, kita jangan terlalu panik apalagi sampai khawatir dengan pancaroba ini. Hadapi dengan santai, jangan takut dan panik menghadapinya, karena rasa takut dan panik yang berlebihan bisa menyebabkan sistem imun dan daya tahan tubuh kita itu menjadi lemah. Sehingga jika imun dan daya tahan tubuh lemah, penyakit akan sangat mudah masuk dan menyerang tubuh kita.

Dilansir dari Kompas.com, Rasa stress dan cemas berlebihan, sebenarnya akan tertular penyakit dan bisa menurunkan imun serta kekebalan tubuh, padahal untuk mencegah datangnya penyakit kita harus mempunyai imun dan daya tahan tubuh yang kuat. Apalagi dimusim covid-19 ini, akan semakin mudah bagi virus dan bakteri menyerang tubuh kita jika sistem imun dan daya tahan tubuh itu lemah. Sehingga dapat dipastikan, dimusim pancaroba dan musim covid-19 ini jika imun dan daya tahan tubuh lemah akan terserang penyakit.

Oleh karena itu, kita jangan takut dan panik apalagi sampai khawatir dengan pancaroba ini tetapi kita juga perlu waspada dan mengantisipasi. Dengan cara menjaga diri, menjaga imun, dan menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat, sehingga segala aktivitas kita tidak akan terganggu sekalipun dimusim pancaraoba ini.

Khoerul Rohman
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

×
Berita Terbaru Update