Jangan Asal Posting!

Di era globalisasi ini, media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini bisa dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah.

Perlu diingat bahwa akun medsos kita itu bisa dilihat oleh siapapun. Makanya, penting menjaga etika, dengan memperlakukan orang lain di media sosial sama seperti di dunia nyata. Menurut saya, penting bagi masyarakat untuk waspada terhadap informasi-informasi tidak jelas yang beredar di media sosial. Sebab bukan tak mungkin limpahan informasi tersebut dibuat oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, dengan maksud buruk.

Tapi jangan khawatir, ada tips atau cara untuk menyaring informasi yang benar, dari banyaknya informasi yang beredar kita bisa menggunakan prinsip THINK.

1. T adalah true. Jadi pastikan konten yang kita unggah di media sosial adalah fakta bukan informasi bohong atau hoax.

2. H adalah helpful. Tidak boleh lupa, informasi yang kita bagikan harus bermanfaat bagi orang lain. Jika dirasa tidak bermanfaat bahkan bisa melukai orang lain, sebaiknya tidak usah diunggah dan disebarkan.

3. I adalah information. Pastikan informasi yang kita sebarkan dan unggah bisa dipertanggung jawabkan dan berasal dari sumber-sumber resmi dan terpercaya.

4. N adalah needed. Apakah konten yang kita unggah dibutuhkan orang lain dan bisa membantu? Jika tidak, sebaiknya jangan disebarkan.

5. K adalah kind. Pastikan konten yang kita unggah bernada baik dan sopan, serta tidak menyinggung orang lain.

Oleh karena itu, bijaklah kita dalam bermedia sosial. Jangan sampai dengan sebab ulah perbuatan kita sendiri justru akan menjadikan kita orang-orang yang merugi. Dan ketika kita bijak dalam bermedia sosial juga maka kita akan terhindar dari hal-hal yang negatif.

 

Nadiya Nadha Fakhira

Cibiru Hilir, Bandung, Jawa Barat

081573828404

nadiyanadhafakhira@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023