Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jaga Tubuh Anda Saat Musim Pancaroba

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T11:06:31Z

      Pancaroba adalah peralihan dua musim di Indonesia yaitu musim hujan dan kemarau.Musim ini biasa ditandai dengan perubahan cuaca tak menentu dari panas ke hujan dan ke panas.Tak hanya menyebabkan masalah cuaca,tetapi juga akaa membuat daya tahan tubuh melemah yang rentan akan terkena penyakit.

Perubahan cuaca tak menentu dan tiba-tiba pasti mempengaruhi kelembaban dan perubahan suhu,sehingga tubuh dipaksa untuk bisa menghadapi dan beradaptasi.Itulah alasan mengapa musim pancaroba dapat menyebabkan daya tahan tubuh, metabolisme rendah.

Dengan kekebalan tubuh yang rendah akan perlindungan utama dalam menghindari berbagai macam penyakit akan rentan menciptakan kondisi yang sesuai untuk berkembangnya virus.Sehingga manusia mengalami seperti pilek,batuk,panas dalam,infeksi saluran pernapasan,flu,pusing deman dan lain sebagainya.

Ada berbagai macam cara untuk daya tahan tubuh tetap stabil agar kuat dan sulit terkena penyakit. Cara sederhananya adalah dengan meningkatkan asupan makanan yang bergizi,asupan cairan seperti minum air putih yang cukup,asupan vitamin.

Tidak hanya itu, makanan bergizi yang tidak sulit kita cari yaitu jeruk, brokoli, tumbuhan hijau yang memiliki vitamin B dan C berperan meningkatkan daya tahan tubuh manusia.Minum air putih delapan gelas sehari bisa menjaga fungsi tubuh.Istirahat yang cukup dan berolah raga.

Diperlukan kesadaran untuk menjaga kesehatan kerena kita perlu beradaptasi ekstra dengan perubahan cuaca agar tubuh tidak mengalami penyakit yang biasa ada di musim pancaroba.


Diyanah Fithrah Aliyyah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update