Jaga Kerukunan dengan Toleransi

Indonesia merupakan salah satu negara dengan berbagai ragam budaya. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam suku, adat istiadat, bahasa, ras dan agama.


Dengan adanya keberagaman tersebut Indonesia dijuluki sebagai negara kaya akan ragam budaya.

Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia salah satunya patut kita saling menjunjung tinggi nama baik indonesia itu sendiri. Keberagaman itu sendiri membuat kita harus saling hormat menghormati atau bertoleransi. Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antarindividu maupun kelompok tidak akan terjadi. Ini menjadi sikap terpenting yang patut kita junjung dan kita terapkan.


Contoh hal kecil yg terjadi dilingkungan sekitar kita contohnya adalah tidak memandang fisik.Beberapa waktu lalu sempat terjadi perbincangan mengenai fisik seseorang. 


Padahal seharusnya dalam hal apapun fisik seseorang tidak perlu dikaitkan, karena semua sama dimata tuhan tidak dibeda bedakan, masing masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. 
Maka dari itu janganlah kita selalu memandang fisik orang atau hal apapun itu. Kembali lagi ke semboyan kita yaitu "berbeda beda tetapi tetap satu jua"
Junjung selalu sikap bertoleransi karena itu kunci dari rasa nasionalisme dan persaudaraan kita.

.
Ilham Rahmat Maulana
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
Bandung, Jawa Barat
085703018655

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023