Jaga Imun tubuh di masa karantina Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO) telah menetapkan wabah corona sebagai pandemi pada 11 maret 2020. Hal ini tentunya membuat semua warga Indonesia merasa khawatir dan panik akan dirinya terinfeksi virus yang bisa mematikan ini. 

Untuk melindungi diri dari paparan virus corona, masyarakat dunia diharapkan dapat menjalankan langkah pencegahan yang utama, yaitu dengan cara berdiam diri dirumah, menjaga jarak dari orang lain, dan rajin mencuci tangan. 

Selain langkah pencegahan, satu hal yang krusial untuk dilakukan adalah menjaga sistem imunitas tubuh agar tetap sehat melawan virus corona, yaitu dengan cara rajin berolahraga, berjemur, menjaga waktu tidur dan menjaga pola makan yang sehat.

Masyarakat juga harus tetap semangat dan berfikir positif. Karena pandemi Covid-19 ini tidak hanya berdampak kepada kesehatan tubuh bagian luar saja, melainkan juga pada kesehatan jiwa dan mental. Bagaimana tidak, pembatasan sosial yang membuat orang berdiam di rumah saja membuat penat dan masyarakat menjadi kurang fokus dalam melakukan kegiatan. Oleh karena itu, menjaga semangat dan berfikir positif menjadi hal yang tak kalah penting untuk terus dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Karantina pada masa pandemi Covid-19 dilakukan untuk orang yang diduga terinfeksi virus corona akibat berinteraksi langsung dengan pasien positif maupun orang yang memiliki riwayat perjalanan jauh dari negara yang terpapar pandemi mematikan tersebut. Nah, di masa karantina inilah kita dituntut untuk tetap menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Menjaga imunitas tubuh merupakan hal penting yang dapat kita lakukan agar terhindar dari virus corona. Namun tak hanya itu, kita juga di anjurkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dimanapun kita berada, agar kita dapat memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Afriani Awaliyah
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023