Ikut Serta Lomba Dakwah Digital Nasional Al - Jami'atul Washliyah, Mahasiswi KPI Mengangkat Tema Kejujuran

Pada tanggal 05 Desember 2021, mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung semester 3, ikut serta dalam ajang lomba Dakwah Digital Nasional Al - Jami'atul Washliyah sekaligus merayakan Hut Al-Washliyah yang ke 91. 

Dalam dakwah nya, beliau membahas tentang kejujuran. " Kejujuran merupakan pondasi Iman sedangkan kebohongan adalah benih kemunafikan. Sifat jujur dan bohong jika bertemu maka salah satunya akan hilang. Allah subhanahuwata'ala bahkan mengidentifikasikan sifat jujur adalah salah satu sifat yang melekat pada diri seseorang mukmin. Kejujuran menjadi kunci kebaikan kunci untuk meraih akhlak yang mulia jika sahabat muslim sekalian ingin memperbaiki akhlak mulailah dengan bersikap jujur." Ujarnya. 

Beliau menambahkan bahwa seorang muslim yang jujur maka hatinya akan merasa lapang mereka tidak merasakan tekanan. Hatinya cenderung bersih dan tulus banyak kemudahan yang diterima dalam melakukan segala bentuk kebaikan. Kebaikan apapun baik habluminallah maupun habluminannas adalah jalan untuk membawa pada kebaikan dan mendatangkan ridho Allah SWT. Ridho inilah yang akan mengantarkan para sahabat muslim sekalian menuju surga. Jika anda pernah melakukan kebohongan pasti untuk selanjutnya akan memikirkan cara bagaimana menutup kebohongan tersebut pada rasa takut ketahuan ingin menyelamatkan diri kebohongan pasti akan ditutupi dengan kebohongan lain. 

Orang yang sudah terbiasa berbohong walaupun tidak ada dorongan untuk melakukan dusta dia akan terus mencari kesempatan untuk berbohong. Sebuah kebiasaan ini hingga ditulis oleh Allah SWT sebagai seorang pendusta. Menurut pendapat Al Haris Al Muhyi menyatakan bahwa pondasi dari segala perkara adalah jujur dan ikhlas dari sifat jujur akan lahir sikap yang ramah ridho sabar dan qanaah. Sedangkan ikhlas akan melahirkan sikap cinta toleran, yakin dan menghormati orang lain. Inti dari kejujuran adalah hati sebagai pelaksanaan iman. 

"Kejujuran juga merupakan bidang pemisah yang membedakan antara orang mukmin dan munafik antara penduduk surga dan antara penghuni neraka. Para sahabat muslim jika anda mencari kebenaran atas dasar kejujuran dalam hati maka Allah akan menyampaikan kebenarannya. Dengan demikian akan muncul jalan yang sangat lurus terbentang didepan anda begitulah jujur yang membawa kita semua pada kebaikan". Ujar beliau diakhir dakwahnya.


Reporter :
Zennita Meida Abdillah (1204020166)
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023