Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hindari Minuman Bersoda dan Manis Saat Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:36:39Z

Cuaca yang tak menentu disaat musim pancaroba ini, kadangkala terasa panas menyengat, namun terkadang mendung diselingi gerimis. Dengan cuaca seperti ini membuat tubuh mudah diserang oleh penyakit, sehingga mudah tumbang. Untuk itu hindari minuman bersoda. Sebab selain bisa menyebabkan peradangan, minuman tersebut tidak mengandung nutrisi apapun selain kalori kosong dari gula.

Kondisi ini berdampak beberapa penyakit langganan yang kerap dialami masyarakat luas. Seperti flu, batuk hingga pilek. Saat seperti ini, perlu mengubah pola hidup dan makan agar tubuh selalu terbentengi. Karena pancaroba kan peralihan, bisa dikatakan musim penyakit. Karena kalau peralihan biasanya ada perubahan tekanan udara dan suhu tubuh. Idealnya berkembangnya virus dan kuman. Banyak orang daya tahan tubuh turun dan rawan terjangkit penyakit.

Selain itu, ada beberapa penyakit langganan yang bisa dialami saat musim pancaroba. Mulai dari ringan hingga berat bisa terjadi, tergantung pada kondisi tubuh. Misalnya DBD, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), flu, riwayat alergi kambuh, diare. Tetapi semuanya tergantung aktivitas juga, kalau bisa imbang istirahat, gaya hidup, pola makan, maka penyakit tersebut tidak akan terlalu parah.

Perlu kita ketahui, saat pancaroba melanda ini perbanyaklah mengonsumsi air putih. Kemudian, saat cuaca panas dan kadang mendung disertai gerimis, diimbau mengurangi minuman soda dan manis. Dengan demikian, kebanyakan penyakit akan bisa sembuh dengan sendiri, asalkan tubuh kuat dan bagus. Karena tubuh tidak 100% steril dari kuman dan virus. Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengubah pola hidup sehat.

Meskipun kita sedang berperang di tengah situasi pancaroba ini, jangan khawatir karena ada beberapa cara atau tips diantaranya adalah makan yang cukup, istirahat cukup, tidak boleh stres. Menjaga pola makan, life style, olahraga disempat-sempatkan, multivitamin itu juga penting bagi tubuh kita.


Nadiya Nadha Fakhira

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Cibiru Hilir, Bandung, Jawa Barat

081573828404

nadiyanadhafakhira@gmail.com

×
Berita Terbaru Update