Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hikmah Taat Aturan Karantina

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:41:56Z

Salah satu untuk mencegah penyebaran kasus Covid 19 yaitu melakukan karantina, baik melakukan karantina mandiri di rumah atau melakukan karantina dari pemerintah ketika habis berpegian luar kota.

Selain untuk mencegah penyebaran, karantina juga menjadi protokol kesehatan dalam masa pandemi ini. Adanya aturan karantina ini tujuanya untuk mencegah penyebaran virus covid 19 yang sangat massif dan cepat ke berbagai wilayah dengan perantaran kontak langsung antar manusia.

Biasanya sistem karantina identik dengan pengasingan terhadap seseorang atau suatu benda yang akan memasuki suatu wilayah. Masa karantina berakhir apabila diagnosis yang pasti telah diperoleh. Istilah dari karantina juga sering kali disebut dengan isolasi medis.

Dalam melakukan prosedur karantina, ada beberapa hikmah yang bisa dapat kita ambil. Pertama dalam aspek kesehatan. Karantina dilakukan dalam rangka menjaga atau mencegah penyebaran penyakit antar manusia.

Kedua, dalam aspek spiritual. Pada masa karantina, orang yang menjalaninya cenderung lebih memiliki tingkat spiritual yang lebih intens. Karena ketika melakukan karantina, orang-orang tidak melakukan aktivitas di luar, maka untuk mengisi kegiatan sehari-hari yaitu dengan memperbanyak ibadah agar diri kita lebih dekat dan diberikan kesehatan dan keselamatan.

Ketiga, aspek produktivitas. Merupakan keuntungan lain bagi orang yang menjalani masa karantina adalah bisa meningkatkan produktivitas dalam perbaikan Sumber Daya Manusia. Ketika masa karantina kita bisa melatih dan mengasah kembali potensi diri kita, mulai dari mulai dari menghafal Al-Qur'an, doa-doa dan dzikir, bisa juga dengan perbanyak membaca buku, menulis essay, dan lain-lain.

Maka dengan adanya peraturan untuk karantina, ini banyak hikmah yang bisa kita ambil. Isilah kegiatan yang positif ketika melakukan masa karantina. Sehingga bisa membuat diri kita menjadi baik dan menjadi dekat juga kita kepada Tuhan.

Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Bandung, Jawa Barat
085293873304
Hakikimfh17@gmail.com
×
Berita Terbaru Update