Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hidup Antisipasi Pancaroba Pasti Teratasi

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:31:16Z

 

 

Musim pancaroba adalah peralihan musim, misalnya dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya, musim kemarau ke musim hujan. Musim pancaroba biasanya ditandai dengan angin kencang dan datang secara tiba-tiba. Selain itu, puting beliung, udara panas, serta arah angin yang tidak teratur.Pada saatbini, virus dan bakteri mudah berkembang biak dan menyebabkan sejumlah penyakit pada manusia, seperti flu, pilek, demam, hingga batuk. Penyakit ini menyerang tubuh manusia saat daya tahan tubuh sedang lemah.

    Nah, adapun cara kita menghadapi musim pancaroba ini tentunya jangan panik terlebuh dahulu, Jaga keseimbangan imun tubuh dengan minum yang cukup, konsumsi makanan bergizi dan perbanyak makan buah-buahan. Penuhi asupan harian dan gizi pada tubuh Jangan lupa pula untuk beristirahat. Untuk mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh pancaroba , cukup gunakan alat semprot hidung. Tetapi, jika flu tidak hilang selama lebih dari lima hari, maka segera konsultasikan kesehatan ke dokter. Jangan lupa untuk membawa jaket atau jas hujan ke mana pun Anda pergi. Alasannya, saat musim pancaroba terjadi perubahan cuaca ekstrem.

    Belakangan cuaca tak menentu kerap kita rasakan, sesekali panas terik, kadang mendung, bahkan hujan dalam waktu berdekatan. Mulai bulan Mei hingga September umumnya wilayah Indonesia memasuki periode musim kemarau. Sedangkan, Oktober sampai April seharusnya kita menghadapi musim penghujan. Namun, belakangan kondisi cuaca tak sesuai prediksinya. Bulan September misalnya, banyak wilayah yang sudah diguyur hujan, padahal belum masuk pada musimnya.

    Perubahan cuaca yang tak menentu ini membuat banyak orang resah, apalagi jika dibarengi dengan cuaca ekstrim. Daerah panas semakin panas atau sebaliknya, hujan dengan intensitas tinggi bisa sebabkan kebanjiran seperti yang terjadi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan baru-baru ini. Perubahan cuaca yang cepat membuat kita jadi teratur untuk memeriksa prakiraan cuaca, tak bisa berpatokan lagi pada timeline musim yang biasanya terjadi di Indonesia.

    Oleh karena itu, cara yang dapat kita lakukan mengantisipasi pancaroba adalah menjaga kebugaran tubuh,perbanyak makan buah dan sayur, mengkonsumsi makanan yang lengkap asupannya dapat meningkatkan kekuatan tubuh yang pada akhirnya meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit, perbanyak konsumsi air putih, jauhkan kontak langsung dengan sinar matahari, gunakan maskermenjaga kebersihan diri dan lingkungan

 

 

Arrumy Marwa.P, KPI 3A, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati


Dikirim dari iPhone saya
×
Berita Terbaru Update