Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hati-hati dengan Jejak Digitalmu

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:52:38Z

Hati-hati dengan Jejak Digitalmu


  Setiap aktivitas yang dilakukan di internet, baik mencari informasi atau menggugah dokumen akan terekam dan tersimpan di dalam riwayat internet. Aktivitas ini disebut dengan jejak digital, meskipun jejak digital adalah hal yang wajar namun data atau informasi yang ditinggalkan di internet perlu diperhatikan, karena bisa saja disalah gunakan oleh orang lain. 

Pikirkan kembali sebelum mengunggah menjadi kunci penting dalam berinternet yang aman saat ini. Jangan sampai unggahan itu menjadi boomerang dikemudian hari. Banyak orang yang tidak sadar bahwa jejak digital di sosial media sangatlah penting. Padahal di zaman yang sudah maju dengan teknologi dan serba digitalisasi ini semua hal bisa di cek dengan mudah, bahkan dengan akun sosial media yang sudah kita privat sekalipun. 

Kini beberapa hal sosial media, khususnya unggahan yang kita kirim di sosial media bisa menjadi salah satu penilaian orang lain terhadap diri kita. Hal itu sangat berpengaruh ketika kita membutuhkan suatu pekerjaan atau hal lainnya yang berhubungan dengan masyarakat luas.

Cobalah untuk berpikir panjang, bahwa apapun yang kita lakukan di sosial media pasti meninggalkan jejak. Sebuah konten yang kita post hari ini, bisa diakses kemudian hari dimasa depan. Mungkin akan menjadi dampak baik bila konten yang kita bagikan tersebut adalah konten yang positif. 

Namun akan menjadi bahaya bila kebalikannya,  itu bisa berdampak pada masa depan kita, jangan sampai anak cucu kita yang mendapatkan dampaknya. Jangan sampai anak cucu kita nantinya gagal, dibully, teraniaya dikarenakan jejak digital negatif orang tuanya.

Bijaklah dalam bersosial media, karena rekam digital bisa menjadi manfaat namun bisa juga membawa dampak yang buruk,  jika gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan konten dan jejal digital.


Zahra Fatiyatul Aula

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. Mamaraksa Praja, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat


×
Berita Terbaru Update