Hadapi Musim Pancaroba dengan Pola Hidup Sehat

Indonesia telah memasuki musim pancaroba atau peralihan musim dari musim panas ke musim hujan. Saat musim pancaroba tiba, perubahan cuaca cenderung tidak menentu membuat daya tahan tubuh menurun. Apalagi jika tidak menerapkan pola hidup sehat.

Perubahan cuaca yang cenderung berubah-ubah membuat sebagian orang lebih mudah  terkena penyakit. Penyakit yang sering muncul di musim pancaroba, seperti flu, batuk, demam berdarah, dan penyakit saluran pencernaan. Penyakit ini muncul disebabkan oleh adanya bakteri dan virus.

Terkait dengan hal itu setiap orang perlu menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap sehat. Jika menginginkan tubuh tetap sehat, maka perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan menghindari makanan cepat saji. Orang yang kekurangan gizi dapat dengan mudah terkena penyakit. Meminum air yang cukup juga dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit di musim pancaroba. Hindarilah minuman-minuman yang mengandung soda ataupun kafein.

Selanjutnya, cara agar tubuh terlihat sehat saat musim pancaroba adalah tidur yang cukup. Jam tidur yang cukup adalah selama tujuh sampai sembilan jam setiap malamnya. Olahraga teratur  juga dapat menjaga kesehatan tubuh.  

Setiap orang diharapkan selalu menjaga kebersihan diri, seperti rajin mencuci tangan setiap selesai beraktivitas. Selain menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting, seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan ruangan maupun lingkungan yang berada di sekitar kita.

Maka dengan menerapkan pola hidup sehat tubuh akan terasa lebih sehat karena daya tahan tubuh kita terjaga. Oleh karena itu, terapkan pola hidup sehat di musim pancaroba ini.

Oleh: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023