Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hadapi Bencana Peduli Kemanusiaan

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:17:51Z

Maraknya bencana yang terjadi di Indonesia membuat manusia khawatir dan taku akan musibah yang dihadapi, disamping itu bencana juga hadir atas kesalahan manusia itu sendiri yang tidak menjaga dan melindungi alam. "Jika kita berpikir kufur, akan banyak sekali hal yang harus kita keluhkan. Tapi jika kita berpikir syukur, sungguh sangat tak terhitung berapa nikmat yang telah kita dapatkan."

Musibah bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sebab tidak ada manusia yang tahu terjadinya suatu musibah karena menjadi kehendak Sang Kuasa. Adakalanya musibah datang tidak terduga, untuk itulah manusia harus siap dan kuat menghadapi setiap cobaan dalam hidupnya.

Ketika ditempa musibah, kita tentunya membutuhkan energi positif yang membantumu tetap kuat, sabar dan tabah menghadapinya. Karena perasaan mengeluh, bersedih, ataupun putus asa saat ditempa musibah justru bisa membuat pikiran kalian makin down. Inilah pentingnya peran dukungan dan bantuan seseorang yang membuatmu makin kuat dan tegar. Selain itu, musibah yang datang bisa kalian jadikan hikmah atau pelajaran berharga buat kehidupan di masa mendatang.

Membantu tidak hanya tentang materi dan makanan melainkan mendo'akan dan terjun langsung membantu saudara kita merupakan sesuatu yang sangat berarti bagi mereaka, dimata manusia saja sudah dipandang bagus dan terpuji apalagi di mata Allah SWT.

Rasa sedih tentunya tidak dapat dihindari ketika hidup ditempa suatu musibah. Namun perasaan sedih yang berlarut-larut pastinya bukan solusi terbaik. Dengan begitu perlu adanya tenggang rasa dan kesadaran diri terhadap lingsungan disekitar, mencoba tidak berbuat sembarangan seperti contoh kecil saja ; membuang sampah dimana saja, ini adalah perilaku tidak terpuji sehingga akan membahayakan dirinya sendiri bahkan keluarganya sekalipun.

Tetap sabar dan tabah ketika ditempa musibah bisa jadi salah satu cara terbaik dalam menyikapinya. Sebab dengan kesabaran, membantumu tetap berpikir tenang dan jernih. Percayalah bahwa itu semua adalah ujian dari Allah agar kita semakin mempererat hubungan tali persaudaraan dengan sesame yang membantu dan teguran dari Allah atas apa yang telah kita lakukan di bumi ini.

"Ingatlah bahwa sebuah musibah yang membawamu makin dekat kepada Allah itu lebih baik dari pada nikmat yang membuatmu makin menjauh dari Allah."

 

Silmie Rusydiani Sholihah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat

Jalancagak Des. Maruyung Kec. Pacet Kab. Bandung

081324969958

silmierusysh@gmail.com

×
Berita Terbaru Update