Generasi Milenial Dan Zilenial Harus Paham Etika Bermedia Sosial

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah generasi milenial ataupun generasi zilenial, generasi yang digadang-gadang sebagai penerus bangsa Indonesia yang memiliki rentang tahun kelahiran 1981-2012 ini memang menjadi dominasi penduduk di Indonesia.


Generasi milenial ataupun generasi zilenial adalah generasi yang hidup di masa awal teknologi dan perkembangan teknologi informasi secara cepat. Adanya teknologi informasi yang semakin berkembang tentu memudahkan segala aktivitas manusia. Apalagi saat ini kemudahan dalam mengakses informasi hanya tinggal satu kali klik saja.


Seiring berkembangnya teknologi informasi tentu mengubah struktur kehidupan dan sosialisasi dalam masyarakat. Kemudahan akses terhadap kecerdasan buatan justru semakin mengkhawatirkan bagi generasi bangsa masa kini.Banyak informasi salah yang sengaja dibuat untuk menggiring para pengguna media sosial untuk terperangkap di dalamnya. 


Generasi masa kini harus bisa membedakan dan memilah setiap informasi yang diterima agar tidak terjadi ketimpangan masalah. Dalam bermedia sosial sangat perlu untuk dapat bijak dalam menggunakan sosial media. Sikap bijak diantaranya adalah harus berhati-hati saat membuat unggahan di media sosial, bersikap kritis, menghargai karya dan ide orang lain, memperhatikan gaya bahasa, kejelasan data, mampu menyaring setiap informasi yang diterima, tidak mudah terpantik oleh suatu hal yang menimbulkan percikan saling mendendam, tidak menyebarkan keburukan, tidak mengandung unsur SARA dan kebencian.


Ketika memperoleh informasi yang salah dan melihat orang lain menggunakan media sosial secara salah, maka kita harus bisa memberikan edukasi tentang etika bermedia sosial. Sehingga dapat memperkecil kemungkinan rusaknya struktur kehidupan masyarakat.







Allice Shetea Fatonah,
Mahasiswi KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023