Erupsi Gunung Semeru



Bencana alam, adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit.


Penyebab gunung Semeru meletus adanya endapan magma di dalam perut bumi yang kemudian didorong keluar oleh gas bertekanan tinggi. Gunung berapi atau gunung api sendiri didefinisikan secara umum adalah sebuah sistem fluida yang terdiri atas batuan cair yang memiliki suhu tinggi dan struktur memanjang dari kedalaman lapisan atmosfer kurang lebih 10 kilometer hingga permukaan bumi.


Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang cukup berbahaya dan bisa menimbulkan banyak kerusakan dengan total kerugian yang besar. Ini terjadi karena letusan gunung berapi menyebabkan rusaknya pemukiman dan pertanian penduduk. Bahkan, letusan gunung berapi juga bisa menyebabkan pencemaran udara, hingga merusak alam.


Namun, dari letusan gunung Merapi tersebut banyak nya korban yang meninggal dan banyaknya warna yang mengungsi. Karena rumah hancur sehingga di pindahkan ke tempat pengungsian yang telah di sediakan. 


Menurut BMKG Semeru sudah mengeluarkan peringatan agar masyarakat tidak beraktivitas di sekitar Besuk Kobokan, Besuk Kembar, Besuk Bang, dan Besuk Sarat untuk mengantisipasi kejadian awan panas guguran.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023