Duka Semeru Duka Kita Semua

Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini terbentuk akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Pekan lalu kita baru saja mendapatkan berita duka yakni meletusnya Gunung Semeru. Gunung Semeru mengalami erupsi dan mengeluarkan guguran awan panas pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB yang mengakibatkan setidaknya 22 orang meninggal dunia hingga Senin malam. Lebih dari 5.000 warga juga terdampak erupsi ini dan lebih dari 2.000 warga kini harus mengungsi dari rumah ke 19 posko yang disediakans oleh pemerintah.

Bencana alam merupakan duka bersama bagi kita semua. Kita sebagai makhluk sosial sudah sepatutnya saling menolong antar sesama. Karena, pada hakikatnya manusia merupakan makhluk yang lemah sehingga membutuhkan pertolongan orang lain.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menolong saudara kita yang terkena bencana disana, salah satunya yaitu seperti mendoakan mereka, dan memberi bantuan dana atau donasi pangan. Dana tersebut akan sangat membantu bagi para korban yang terdampak musibah tersebut. Tidak perlu besar, karena sedikit kebaikan pun akan sangat berarti bagi para korban.

Duka Semeru adalah duka kita bersama, maka dari itu kita haruss bersatu saling tolong- menolong dan saling support.

 

Resti Septianingsih

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023