Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Duka Korban Semeru Duka Kita Bersama

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:39:22Z

 

 

 

Takdir Tuhan selalu tak terduga, berbagai macam kejadian yang terjadi secara tiba tiba diluar dugaan selalu membawa hikmah bagai setiap umat. Di penghujung tahun 2021 ini terdapat kabar yang memilukan pada Ibu Pertiwi Indonesia. Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatra dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung yang telah dikenal oleh keindahan salah satunya yaitu Danau Ranu Kumbolo itu telah mengeluarkan erupsi pada hari Jumat, 4 Desember 2021 sekitar  pukul 15.30.

 

    Data korban jiwa tercatat warga luka-luka 56 jiwa, hilang 17 jiwa dan meninggal dunia 34 jiwa, sedangkan jumlah populasi terdampak sebanyak 5.205 jiwa. Terkait dengan jumlah warga yang dinyatakan hilang dan luka, posko masih melakukan pemutakhiran data dan validasi. Selain dampak korban jiwa, erupsi mengakibatkan 2.970 unit rumah terdampak. Pihak pemerintah daerah masih melakukan pemutakhiran jumlah rumah terdampak maupun tingkat kerusakan. Bangunan terdampak lainnya berupa fasilitas pendidikan 38 unit dan jembatan terputus (Gladak Perak) 1 unit. Sementara itu, jumlah warga mengungsi mengalami peningkatan menjadi 3.697 jiwa. Warga yang mengungsi ini sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lumajang, sedangkan di Kabupaten Malang hanya terdapat 24 jiwa.

    Dari bencana yang telah terjadi tersebut, sebagai manusia yang memiliki hati nurani. Sungguh tak kuasa merasakan pedihnya dari para korban bencana erupsi. Duka dari para korban menjadikan rasa duka pula bagi seluruh masyarakat. Banyak pula korban yang kehilangan keluarganya dengan identifikasi tewas meninggal dunia dan juga ada pula yang hilang hingga belum dapat ditemukan. Oleh sebab itu terus dilakukan proses pencarian terhadap korban

    Selain itu dampak erupsi ini juga membuat korban bersedih lantaran tempat tinggal yang hancur dan rusak karena telah rata dengan abu erupsi. Sebagai upaya penyelamatan masyarakat dihimbau untuk langsung dievakuasi pada tempat yang aman. Berbagai bantuan telah dikerahkan yaitu bantuan logistik, obat obatan dan juga sandang. Hingga saat ini masyarakat luar kota telah berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana bagi korban erupsi gunung semeru.

    Sebagai rasa kemanusiaan banyak warga media sosial juga memberikan dukungan dan juga doa bagi korban erupsi gunung semeru, semoga korban senantiasa tabah dalam menghadapi ujian yang telah terjadi. Bencana yang telah menimpa daerah Lumajang tersebut memberikan hikmah bagi semua masyarakat untuk terus tergerak memanjatkan doa.


Dikirim dari iPhone saya
×
Berita Terbaru Update