Duka Indonesia Duka Kita Bersama

Akhir-akhir ini bencana banyak terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia. Mulai dari adanya daerah yang terendam banjir akibat curah hujan yang relatif tinggi, bencana longsor yang mengancam wilayah pegunungan, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan lain sebagainya.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang memiliki risiko besar terkena bencana. Hal tersebut dikarenakan letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, yaitu diantara dua samudra dan dua benua. Di mana, menurut penelitian tersebut, frekuensi terjadinya bencana jadi terus mengalami peningkatan.

Dari terjadinya bencana tersebut, tentu menimbulkan dampak bagi Indonesia. Mulai dari kehancuran, kekacauan wilayah, kepanikan, adanya korban serta menyebabkan kerugian dan penderitaan bagi masyarakat Indonesia. Dan permasalahannya adalah banyak masyarakat yang masih belum mengetahui dan memahami bencana yang terjadi dan bagaimana cara mengantisipasi dan mengatasi bencana tersebut.

Sehingga risiko yang ditimbulkan dari adanya bencana tersebut tidak bisa ditangani dan akhirnya berakibat fatal bagi kehidupan. Maka diperlukan orang yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah bencana tersebut. Lantas siapa yang harus bertanggung jawab terhadap bencana tersebut?

Dalam hal ini, seluruh lapisan masyarakat Indonesia-lah yang harus bertanggung jawab dan berperan aktif dalam upaya menanggulangi resiko bencana. Upaya tersebut menjadi suatu keharusan tiap warga masyarakat, baik itu yang terkena dampak dari adanya bencana tersebut maupun yang tidak terdampak. Karena duka Indonesia adalah duka kita bersama.


Oleh: Witriani Siti Safarina
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023