Duka Bencana Alam Di Tengah Pandemi

Duka Bencana Alam Di Tengah Pandemi

Bencana alam di tengah covid 19 semakin menambah beban masyarakat di Tanah Air. Kondisi ini sebenarnya memerlukan penanganan segera agar tak lagi menambah korban jiwa di kemudian hari. banyak musibah yang menimpa masyarakat di tengah pandemi covid 19 seperti gempa bumi, longsor, banjir, gunung meletus, dan lainnya.

Dari berbagai bencana ini, kita semua bisa melihat bagaimana kesiapan otoritas terkait dalam menangani bencana. Apalagi di tambah semakin banyaknya korban jiwa dari bencana alam di sejumlah wilayahnya. Bencana alam yang terjadi di sejumlah wilayah tentunya membuat kita resah dan prihatin.

Indonesia merupakan negara yang rawan akan bencana alam, sebagai negara kepulauan, indonesia dilewati garis katulistiwa yang menyebabkan negara beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim Bencana alam di indonesia pada faktanya selalu meningkat dari tahun ke tahun, kasus bencana alam ini banyak dari banjir, longsir, gunung meletus dan lain sebagainya.

Terjadinya bencana alam seperti banjir sejatinya memang berada di luar kendali manusia. Namun bukan berarti kita tinggal diam saja tanpa adanya upaya penanganan dan langkah penanganan. Apalagi di saat ini, dunia telah menghadapi situasi pemanasan global. Ini berarti adanya potensi tinggi terjadinya berbagai bencana alam.

Apalagi mengingat bencana banjir paling penting dan sederhana, khususnya dalam rangka menghadapi musim penghujan yang menjadi tamu rutin setiap tahunnya ialah dengan selalu membudayakan tidak buang sampah sembarangan. Mitigasi bencana banjir paling penting dan sesederhana, khususnya dalam menghadapi musim penghujan.

 

Nurul Alfiani

Mahasiswa KPI UIN Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023