Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Di Era Serba Internet Jadikanlah Media Sosial Sebagai Self Care

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:18:14Z

Media sosial merupakan sebuah media yang di gunakan untuk bersosialisasi dan dilakukan secara online untuk dapat dengan mudah  berpartisipasi, berbagi, menciptakan karya, dan berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Dengan adanya media sosial manusia dapat berkomunikasi satu sama lain dimana pun mereka berada tanpa memikirkan batasan  jarak  dan waktu.

Media sosial memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia saat ini. Apalagi dapat membuat seseorang yang awalnya "tertutup" di dunia nyata namun bisa "terbuka"  dengan media sosial, ketika kita bisa memanfaatkan media sosial dengan baik dan bijak  maka banyak sekali manfaat yang akan kita dapat di media sosial salah satunya bisa mendapatkan informasi yang lebih luas.

Dengan menjadikan media sosial sebagai self care atau perawatan diri sangat dibutuhkan untuk kehidupan sosial media secara sehat, karena ketika media sosial di gunakan kurang bijak maka dapat mempengaruhi psikologis seperti rasa insecure, membandingkan diri dengan orang lain dan dapat menimbulkan kecemasan, ini bisa dilihat ketika kamu  sedang melihat postingan orang lain dengan perasaan tertekan dan jenuh. Maka kamu lebih baik memilih media sosial yang berbau positif untuk kesehatan mental. Adapun beberapa bentuk self care yang bisa kamu terapkan saat bermedia sosial.

Follow akun yang bisa menginspirasimu menjadi lebih baik, ketika kamu sering melihat konten-konten yang menginspirasi di media sosial, maka dengan perlahan kreativitasmu akan meningkat dan bisa dengan mudah muncul ide-ide yang awalnya tidak terpikirkan menjadi terpikirkan, dengan melihat konten yang menginspirasi kita juga bisa mengambil hikmah dari pengalaman orang lain baik berupa kegagalan, kesuksesan, maupun kisah hidup  yang bisa menyentuh hati kita.

Sebarkan kebaikan atau hal positif di media sosial, terkadang saat sedang merasa sedih atau putus asa, pasti kita butuh pencerahan atau kata-kata yang dapat memotivasi kita agar bisa semangat lagi, dari sini kita bisa membagikan konten-konten yang bisa memotivasi orang lain dengan mudah, dan ketika konten kita diterima dengan baik maka itu akan menjadi amal juga untuk kita yang selalu membagikan konten-konten yang bermanfaat dan menginspirasi  bagi  banyak orang.

Ingatkan dirimu, apapun yang ada di media sosial tidak semuanya nyata, segala sesuatu yang kamu lihat di media sosial belum pasti sama dengan kenyataan, mungkin kebanyakan seseorang merasa galau atau menjadi rendah diri saat melihat postingan orang lain namun sebaliknya jika kamu tidak merasa galau melihat postingan orang lain berarti self care kamu sudah baik dan tugas kamu saat ini jangan pernah membandingkan hidupmu dengan orang lain, jadikan semua yang ada di media sosial sebagai hiburan untuk kita.

Mulai dari saat  ini ayo kita sama-sama untuk bisa lebih bijak dalam menggunakan sosial media, jadikan media sosial sebagai tempat mencari informasi baru, berpartisipasi, dan hiburan untuk  berbagai hal yang menarik untuk dapat kita cari dalam media sosial agar dapat menghibur kita.

Oleh : Siti Muhibatul Rohmah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung


 
×
Berita Terbaru Update