Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Di Dunia Maya Harus Bijak Bermedia Sosial

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:50:58Z


       Penggunaan media sosial sudah menjadi kebutuhan di zaman sekarang. Pengguna media sosial juga bisa dikategorikan, diantaranya kategori konsumen dari media sosial yang berkembang yaitu membaca informasi yang terdapat di media sosial. Kemudian kategori distributor, yaitu disebarkan kepada yang lainnya dan yang cukup bijak tentu akan menyaring dulu sebelum share, yang terakhir kategori produksi yaitu membuat konten-konten yang dikonsumsi masyarakat. 

       Media sosial menjadi life style atau budaya baru di kehidupan manusia, akan tetapi media sosial diibaratkan pedang bermata dua yang mempunyai ketajaman di berbagai sisi. Jika kita tidak bijak dalam menggunakannya makan akan menimbulkan masalah.

       Sisi positif media sosial diantaranya memberikan berbagai informasi, memberikan pendidikan dan ilmu pengetahuan, kepentingan bisnis dan memudahkan pekerjaan serta masih banyak lagi. Adapun sisi negatif diantaranya pornografi, hoax, ujaran kebencian, fitnah, perjudian, dan lain-lain.

       Dalam bermedia sosial kita harus bijak dengan memperhatikan etika. Adapun etika bermedia sosial diantaranya mengetahui apakah informasi atau konten yang diunggah itu benar, kemudian memperhatikan bahwa teknologi digunakan untuk kebaikan dan bermanfaat bagi orang lain.

       Selain itu, sadari adanya hak cipta ketika kita akan memuat atau membagi tulisan atau foto. Kita biasanya memiliki kecenderungan berbagi semua hal di media sosial. Oleh karena itu, buatlah skala prioritas agar kita berpikir kembali mengenai konten tersebut apakah layak atau tidak untuk diunggah di media Sosial.

       Media sosial dianggap lebih emansipatif dan egaliter, karena dapat langsung menyuarakan pandangan individu ke ranah publik. Namun demikian, media sosial perlu digunakan dengan bijak agar tidak mengubah budaya Indonesia yang toleran dan ramah.


Ayu Sri Wahyuni
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.
×
Berita Terbaru Update