DAMPAK PANCAROBA TERHADAP KESEHATAN


Sebagai negara yang terletak di katulistiwa Indonesia adalah salah satu negara diantara negara- negara dengan iklim tropis dimuka bumi ini, yang mana Indonesia ini dikategorikan kepada negara tropis yang basah atau lembab. Dengan beribu-ribu pulau, Bahasa dan budaya juga kaya akan sumberdaya alam yang  menjadikan Indonesia menjadi negara yang indah dan dikagumi negara lain.
Tetapi meskipun Indonesia beriklim tropis Indonesia juga memiliki iklim yang lain yang berbeda sperti iklim musim dan iklim laut yang mana dalam proses peralihan antara dua musim diantara ketiga musim tersebut dapat memicu terjadinya cuaca yang sangat ekstreme yang berdampak terhadap kondisi alam sebagaimana yang sering kita lihat seperti banjir, sambaran petir, angin putting beliung dan lain- lain, ataupun dampak terhadap Kesehatan kita sendiri.
Hal ini terjadi karena adanya transisi antara dua musim yang berbeda, misalnya Ketika awal musim hujan tiba,sesudah sekian lama kemarau  terjadi. Biasanya peralihan iklim ini terjadi mulai dari bulan maret sampai April untuk peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, dan dari bulan Oktober sampai Desember untuk peralihan dari iklim kemarau ke hujan.
kita sudah seharusnya mewaspada  dari segala kemungkinan yang mungkin saja terjadi terutama terhadap Kesehatan kita sperti flu yang umum terjadikarena penurunan suhu sperti Penelitian yang dilakukandi Yale University menyatakan bahwa penurunan suhu meskipun hanya sedikit dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak lebih cepat.Selain itu, udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun. Molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus di dalam sel dan memberi perintah pada sel untuk melawan virus menjadi kurang sensitif pada saat suhu dingin.
Maka kita harus mempersenjatai diri kita dengan imun yang kuat apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, kita dapat menjaganya dengan berolahraga scara teratur dan makan makanan yang sehat. Selain itu pemerintah juga harus memberikan himbauan perkiraan terjadinya hal tersebut seperti melalui BMKG di media- media yang ada.

Taufik Hidayat, Mahasiswa KPI'3D UIN SGD Bandung Jawa Barat
Alamat rumah : Dsn.Leuwiliang Rt.04 Rw.07 Ds.Tanjungwangi Kec. Cicalengka Kab. Bandung jawa barat
NO Telp.082218505882
Email : taufikshelby255@gmail,com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023