Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dampak Pancaroba Bagi Kesehatan

Rabu, 22 Desember 2021 | Desember 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-22T15:27:00Z


Pancaroba tak asing lagi di dengar , di mana ini diartikan dengan pergantian musim. Di Indonesia hanya terdapat 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Dan saat ini kita sedang mengalami musim pancaroba dari kemarau ke hujan, oleh karena itu kita wajib menjaga kesehatan tubuh  kita.

 

Pergantian musim hujan yaitu terjadi pada bulan Oktober hingga bulan Maret dan musim kemarau pada bulan April hingga September. Tetapi biasanya pergantian musim ini maju mundur tergnatung faktok yang mempengaruhinya. Musim Pancaroba ini biasanya mempunyai ciri khas yaitu cuaca yang sangat ekstrem.

 

Dari perubahan cuaca tersebut menyebabkan daya tubuh sesorang dapat melemah, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara yang dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala atau migrain. Perubahan cuaca ini seseorang mudah terkena penyakit. Dan biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri .

 

Faktor mengapa seseorang dapat terkena penyakit yaitu karena pergantian cuaca menyebabkan anomalia terhadap suhu dan temperatur menyebabkan perubahan hawa panas dan dingin dengan bergantian. Dan pada situasi inilah perubahan suhu yang tiba-tiba dan rasa tidak nyaman membuat orang mudah sakit.

 

 Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan tubuh karena pada pergantian musim ini virus dan bakteri sangat mudah berkembang biak dan menyebabkan penyakit seperti flu, pilek, demam, hingga batuk. Kita harus menjaga kesehatan tubuh dan mempertahankan imun tubuh agar tetap sehat, menjaga asupan makanan, dan minum minimal 8 gelas, rutin berolahraga, menjaga kebersihan dan istirahat yang cukup.

 

Resi Tri Rahayu Saripudin

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

×
Berita Terbaru Update