Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dampak Musim Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T14:30:46Z

Memasuki musim pancaroba atau peralihan musim tahun 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Salah satu ciri umum kejadian cuaca saat periode peralihan musim adalah adanya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat, dimana di pagi sampai siang hari umumnya cerah namun kemudian di sore hari terjadi hujan lebat.

Musim pancaroba identik dengan munculnya berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, dan gangguan saluran pencernaan. Perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat daya tubuh seseorang melemah sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Kebanyakan penyakit yang menyerang disebabkan bakteri atau virus. 

Hal itu menyebabkan turunnya imun tubuh kita menjadi lemah. Namun, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar imun tubuh kita tetap kuat di musim pancaroba ini, diantaranya dengan menjaga pola makan yang sehat, rajin olahraga, dan menjadi waktu tidur dengab baik.

Selain itu, dampak yang terjadi ketika datang musim pancaroba yaitu dengan munculnya berbagai bencana alam, seperti terjadinya banjir, tanah longsor, serta angin kencang. Hal ini mengakibatkan kondisi masyarakat menjadi resah dan penuh ketakutan.

Namun, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya bencana tersebut, diantaranya dengan cara membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga saluran air agar tetap mengalir.

Afriani Awaliyah
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update