Dampak Kesehatan Masyarakat Akibat Pancaroba

Dampak Kesehatan Masyarakat Akibat Pancaroba

 

Dalam periode satu tahun ada masa terjadi peralihan musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau atau sebaliknya. Biasanya, pada masa peralihan ini cuaca bisa berganti secara ekstrem dari yang panas menjadi hujan deras dengan udara yang dingin. Dalam waktu sehari, kondisi cuaca bisa berubah drastis. Situasi inilah yang disebut pancaroba.

 Perubahan  cuaca memaksa tubuh kita untuk bekerja keras menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Musim pancaroba ini selalu dikaitkan dengan bermacam penyakit. Diantaranya asma, sakit kepala, flu, hingga sakit pada saluran pencernaan dan persendian. Maka kita harus menjaga kesehatan tubuh di saat musim pancaroba agar tidak mudah terserang penyakit.

 Jika sudah mengalami infeksi virus saat musim pancaroba, pengobatannya akan tergantung pada jenis infeksi yang dialaminya. Agar tak rentan terkena infeksi virus, alangkah baiknya kita banyak mengonsumsi makanan bergizi yang tinggi seperti buah dan sayur, menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Kemudian, di masa pandemi sekarang ini sebaiknya menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau memakai hand sanitizer dan menjaga jarak saat berada di tempat umum.

Untuk mencegah terkena infeksi virus, menjaga imunitas tubuh di musim pancaroba sangat penting. Salah satunya adalah vaksin yang diperlukan untuk menyerap sistem kekebalan tubuh.

 

Nurul Alfiani

Mahasiswa KPI UIN Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023