Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Curhat di Sosial Media

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:06:26Z


Media sosial adalah suatu hal yang banyak dimiliki oleh seluruh manusia di bumi ini. Media sosial  jadi begitu penting karena sifatnya yang dapat menjadi media informasi sekaligus media hiburan. Dalam cakupan informasi, media sosial menjadi salah satu media yang memberikan informasi yang cepat disbanding media televisi dan radio. Media sosial sebagai hiburan menjadi minat tertinggi masyarakat sekarang ini, pasalnya dengan media sosial kita bisa menemukan gambar atau video yang mengundang tawa.

Curhat atau menuangkan isi hati pada media sosial bukan jadi suatu hal yang baru dan asing, karena hampir setiap orang membagikan momen suka maupun duka, bahagia atau sedih melalui media sosial. Tak sedikit tulisan curhat seseorang mengundang perhatian pengguna media sosial lainnya, tanggapan baik ataupun sebaliknya menjadi suatu hal yang lumrah. Tanggapan baik seseorang akan suatu curhatan dapat dijadikan semangat baru ketika mamiliki suatu masalah kehidupan.

Tanggapan yang kurang baik, bahkan menjatuhkan menjadi permasalahan yang sering timbul ketika curhat di media sosial. Orang-orang yang membaca atau mendengar memiliki perspektif sudut pandang yang berbeda-beda, dengan begitu timbul banyak tanggapan. Tidak sedikit netizen yang membesar-besarkan suatu curhatan seorang, biasanya seorang public figure yang memiliki masalah pribadi dan di ungkapkan di sosial medianya mengundang netizen untuk beropini.

Tidak salah untuk meluapkan dan mengekspresikan perasaan di media sosial, alangkah baiknya pilih kata-kata yang tidak tabu agar pembaca tidak salah dalam menafsirkan. Sebaiknya pilihlah topik curhatan yang aman dan tidak menyinggung orang lain secara langsung. Contohnya dengan menceritakan kegiatan sehari-hari ataupun pengalaman liburan bersama keluarga. Dengan begitu pembaca secara tidak langsung terbawa pada suasana bahagia saat membacanya.

Dengan adanya Undang-Undang yang mengatur tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)  kebijakan diri seseorang dalam menggunakan media sosial diperlukan. Saling menghormati menjadi kunci terciptanya kenyamanan dan ketentraman dalam berteman serta bergaul di media sosial.

Kayla Mumtaz Farhanah

Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung

 

 

×
Berita Terbaru Update