Cerdas menerima informasi dari media sosial

Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual seperti situs scoutex tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dizaman yang moderen ini kita dapat menerima apapun dengan gampang karena adanya media sosial.

Media sosial ini pastinya memiliki nilai positif dan nilai negatif. Nilai positif dari media sosial yaitu apapun yang ingin kita cari tahu , itu selalu ada dimedia sosial, karena Cangkupan dari media sosial ini adalah publik , bahkan bisa hingga mancam negara. Begitupun sebaliknya, dimedia sosial banyak pula nilai negatif. Banyaknya konten kekerasan , pelecehan, pornografi , saling ejek, informasi yang tidak benar dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu , kita harus cerdas dalam bermain media sosial , dengan adanya internet apapun dapat kita ketahui terlebih informasi-informasi yang sedang ramai dibicarakan. Akan tetapi , semua informasi itu belum tentu benar. Banyak informasi-informasi yang sengaja dibohongkan untuk kepentingan pribadi. Banyak media atau berita-berita yang dipalsukan karena dibayar. Kita sebagai anak muda harus pintar memilih berita yang bohong dan berita yang benar.

Cerdas dalam pemilihan berita yang falid atau benar, adalah upaya kita agar tidak mudah tertipu apalagi terpengaruh terhadap berita-berita yang disampaikan dengan kebohongan. Disinilah sikap kedewasaan kita digunakan. Ketika kita mendapatkan berita dan kita ragu dengan kebenarannya , carilah kebenarannya dari beberapa sumber.

Ada beberapa cara agar kita tahu apakah berita itu benar atau salah. Biasanya orang yang mencari berita itu tidak hanya dari satu sumber saja, carilah dari beberapa sumber, karena kadang salah satu industri mempalsukan berita dengan tujuan keuntungan sendiri, oleh sebab itu carilah informasi lebih dari satu sumber. 

Mochamad Maulana
Mahasiswa KPI UIN sunan gunung Djati Bandung
BOGOR , kec. BOGOR TIMUR , kel. Katulampa , Jln Katulampa RT 03 RW 09 , kode pos 1614 No rumah 91
089516846820

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023