Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cegah Hal-Hal Negatif di Media Sosial

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:28:03Z


Media sosial sudah sangat melekat pada manusia, terlebih lagi saat pandemi covid saat ini, seluruh kegiatan belajar-mengajar hingga bekerja dilakukan dari rumah. Manusia dituntut mengikuti perkembangan zaman yang mana teknologi yang terus berinovasi dan berevolusi pada era 4.0. perkembangan ini memiliki banyak manfaat bagi kita semua, bahkan pundi-pundi uang dapat diperoleh hanya melalui media sosial seperti menjadi konten creator di youtube, blogger,ataupun menjadi konsultor online. Namun perkembangan teknologi pada media sosial tentu memiliki dampak negatif juga.

Dampak negatif ini harus ditindak dengan bijak oleh para penggunanya sehingga pemerintah mengeluarkan UU-ITE guna mengatur penggunanya agar tidak menggunakannya untuk merugikan orang lain. Hukumannya tidak main-main dapat berupa denda bahkan dapat berakhir di penjara. Aturan ini la ini beragam seperti larangan melakukan hate speech, penipuan, penyebaran berita hoax, pencemaran nama baik hingga pengancaman. Berita hoax merajalela diseluruh platform media sosial,berita ini sering kali dijadikan untuk mengadu domba masyarakat, oleh karena itu kita semua lebih baik kita semua memvalidasi kebenaran berita tersebut dari sumber yang terpercaya,pemerintah sendiri pula sudah menyediakan website yang berisi berita-berita hoax yang beredar di masyarakat guna memberikan rasa keamanan atas berita yang simpang siur di masyarakat.

Kasus yang banyak beredar juga adalah penipuan online. Banyaknya oknum yang mengaku dari perusahaan tertentu yang menjadikan korbannya sebagai orang yang memenangkan undian.  Jika menemukan pesan menang undian akan lebih baik diperhatikan kembali nomor dan bahasa pesan tersebut. Biasanya penipuan online ini menggunakan nomor pribadi dalam mengirim pesan dan bukan nomor kantor, dan biasanya juga bahasa yang digunakan justru bahasa yang keluar dari kaidah bahasa Indonesia.

Kita semua wajib ikut mencegah hal-hal buruk yang ada di media sosial. Sebab kejahatan pada media sosial akan terus ada jika kita mudah terprovakasi. Mulailah membaca berita-berita dengan sumber yang terpercaya, perhatikan pesan-pesan penipuan jangan sampai lengah,dan jangan laporkan kejahatan tersebut pada bagian yang berwenang agar para pelaku kejahatan di media sosial dapat diberantas. Media sosial adalah sesuatu yang baik jika kita bijak dan akan menjadi buruk jika disalahgunakan. oleh karena itu bijaklah dalam bermedia sosial.

Ahmad Zaydan
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati,Bandung
×
Berita Terbaru Update