Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Pencegahan Penyakit Pada Musim Pancaroba

Selasa, 14 Desember 2021 | Desember 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-13T18:51:48Z
 
 
Telah kita ketahui bersama pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu diantara musim penghujan dan musim kemarau. Memasuki musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca yang berubah ubah dan cenderung tidak bersahabat, seperti hujan disertai petir seerta tiupan angi kencang, bahkan badai. Selain itu pada musim ini masyarakat akan berhadapan dengan berbagai potensi penyakit akibat perubahan cuaca serta bencana alam.

Masa pancaroba umumnya ditandai dengan frekuensi tingginya badan, hujan deras yang didsertai petir, Guntur, serta angin kencang . pada masa pancaroba frekuensi penyakit saluran pernapasan seperti flu, pilek,dan batuk pun akan meningkat akibat prubahan suhu yang ekstrem.
Ketika memasuki musim pancaroba, banyak orang yang akhirnya jatuh sakit. Hal tersebut pun menjadi tanda berhasilnya virus menyerang tubuh dan mengalahkan imunitas kita. Jadi, Ketika memasuki pergantian musim, sangat disarankan unruk meningkatkan dan menjaga imunitas agar Kesehatan kita bisa terjaga. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa penyakit atau kondisi yang bisa hasir karena datangnya musim pancaroba.

Biasanya penyakit pancaroba yang ada pada masa pancaroba adalah DBD, chikungunya, zika,infeksi saluran pernafasan, influenza, sakit mata dan sebagainya. Dalam situasi Cuaca yang tidak stabil di musim pancaroba, mampu membuat daya tahan tubuh melemah, yang membuat tubuh manusia lebih rawan terserang penyakit.

Banyak cara pencegahan agar kita tidak kena penyakit – penyakit diatas seperti mandi dua kali sehari, selalu menjaga imunitas dengan mengkonmsumsi vitamin dan makan 4 sehat 5 sempurna,menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas karena tangan adalah benda paling sensitive untuk dimasuki virus, bakteri dan jamur.

Silvi Anggraini
Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung


×
Berita Terbaru Update