Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Menjaga Imunitas Dimusim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:47:30Z

Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim cuaca dalam setahun yaitu musim penghujan dan musim kemarau atau yang biasa di kenal dengan iklim tropis.
Musim penghujan dan musim kemarau di Indonesia terbagi berdasarkan letak astronomis serta angin muson barat dan timur yang berhembus saat itu. Meski secara umum, Indonesia hanya memiliki dua musim, namun beberapa daerah di antaranya justru mengalami tiga musim, yakni musim kemarau, musim pancaroba, dan juga musim penghujan
Mengapa di musim pancaroba banyak orang yang sakit? Musim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain, biasanya terjadi pada bulan Maret sampai April (yang merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau) dan pada bulan Oktober sampai Desember (peralihan dari musim hujan ke musim kemarau). Musim pancaroba ditandai dengan angin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, puting beliung, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur.
Musim pancaroba juga dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit seperti asma, sakit kepala, flu, hingga sakit pada persendian. Bagaimana perubahan cuaca dapat menyebabkan penyakit-penyakit tersebut?
Ketika perubahan iklim dari yang asalnya panas menjadi dingin ataupun sebaliknya tubuk kita memerlukan penyesuaian dalam perubahan tersebut. Ketika kita melakukan aktivitas yang berat disaat perubahan iklim tersebut maka tubuh kita akan mendapatkan resiko inflasi, sakit kepala, flu dan pilek dan penyakit – penyakit lainnya akibat dari perubahan iklim.
Karena itu kita harus menjaga imunitas tubuh dalam menghadapi musim pancaroba yang tidak menentu akan cuaca dan suhunya. Mari kita simak beberapa tips untuk mengahadapu musim pancaroba.
Yang pertama dalam menghadapi perubahan cuaca maka kita harus mempersiapkan jaket atau jas hujan karena untuk menghindari perubahan cuaca yang tidak menentu, selanjutnya memperhatikan asupan gizi dan vitamin untuk memperkuat kekebalan tubuh untuk melawan masuknya penyakit. Asupan gizi dan vitamin inilah bisa kita dapatkan dari buah – buahan dan sayuran yang bisa kita dapatkan secara alami seperti brokoli, jeruk, mangga, pepaya dan lain – lain. Dan yang terakhir tentunya kita harus berolahraga, menjaga kebersihan, dan istirahat dengan cukup
Selain di musim pancaroba tetap jaga kesehatan tubuh kamu juga di masa pandemi ini. Dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta anjuran pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19

Rifaldi Andzani
Mahasiswa Jurusan KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update