Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cara Mencegah Penyakit di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:19:49Z

Musim Pancaroba ini merupakan peralihan antara musim penghujan dengan musim kemarau. Musim ini menyebabkan cuaca yang tidak menentu seperti kadang mendung, cerah, hujan, dan berbah-ubah setiap harinya. Munculnya musim pancaroba biasanya dapat mengundang bakteri atau virus yang menyebakan infeksi pada tubuh, bahkan tidak hanya itu saja pada musim ini seringkali orang-orang terkena penyakit seperti munculnya gejala flu batuk ataupun sesak nafas.

Dengan begitu, kunci utama supaya tidak terkena bakteri ataupun virus yang sudah terjadi sebelumnya, perlu adanya usaha untuk memproses agar pertahanan tubuh menjadi kuat, diantaranya ; Meningkatkan asupan makanan yang bergizi, Makan makanan yang mengandung protein kurangi MSG, Minum air putih yang cukup (minimal 8 gelas/hari), Menggerakan tubuh (olahraga) sehingga kalori yang ada pada tubuh bisa mengurang, menjaga pola tidur supaya teratur, dan yang terpenting hilangkan stress yang ada dalam pikiran karena itu hanya akan membuat tubuh menjadi tidak bersemangat untuk memulai pola hidup sehat.

Banyak sekali fakta social yang bisa dilihat, Fenomena-fenomena perubahan iklim telah terjadi di dunia, termasuk di negara kita juga. Dengan adanya fenomena ini mengakibatkan banyak sekali kerusakan yang dirasakan dalam menjalani aktivitas hidup, seperti tidak adanya air dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan atau masalah terhadap jangkauan alat penyaring air. Yang merasakan kesulitan itu kita dan sebagian yang merusak itu juga kita. Dengan terjadinya itu semua dapat membahayakan manusia dan bahkan orang sekitar, karena lingkungan yang tidak stabil ditambah masyarakat yang ikut serta mencemarinya, karena itu tak heran jika banyak sekali orang yang terserang penyakit contohnya pada saat musim hujan dan banjir adalah demam berdarah dengue, dan penyebaran dari nyamuk Aedes aegypti, nyamuk betina yang telah terinfeksi virus dengue secara mudah menyebarkan virusnya kepada manusia.

Tidak hanya demam berdarah saja, penyebaran virus/penyakit yang menyerang ketika musim penghujan yakni, penyebaran virus influenza, batuk pilek, dimana virus ini akan mudah tersebar pada lingkungan tertutup, sehingga menjadi sasaran virus jika ada orang yang tidak menerapkan gaya hidup steril dan sehat di rumahnya pada saat terjadinya musim hujan. Dengan demikian peluang penularan penyakit dari satu orang ke yang lainnya akan tersebar lebih mudah. Karena virus ini dapat bereaksi menular ketika adanya kontak fisik dan masuk ke system pernafasan, sehingga menyebakan sesak nafas yang berkelanjutan menyebar ke seluruh badan yang akhirnya aga sulit untuk menyembuhkannya kembali. Karena itu sangat

diperlukannya usaha atau proses agar pertahanan tubuh menjadi kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Semua itu dapat disimpulkan bahwa jika ingin hidup sehat dan tidak mudah untuk terkena virus ataupun penyakit, kuncinya ada dalam diri kita sendiri. Yang merasakan sehat kita, yang ingin hidup bahagia kita, yang ingin terhindar dari penyakit itu kita, maka dengan itu kunci dari segala hal yang akan menjaga tubuh itu kita sendiri, dengan mulai berniat untuk melakukan pola hidup sehat seperti yang sudah disebutkan diatas diantaranya, belajar dari pengalaman dan bangkit demi kesehatan dan kekuatan tubuh dengan cara rutin berolah raga, menjaga makanan sera mencegah dehidrasi, menghindari paparan sianar matahari berlebih, mengonsumsi multivitamin, dan tidur sesuai dengan yang dianjurkan.

Jangan salah, meski sudah memasuki usia lanjut misalnya, tetap penting mempertahankan daya tahan tubuh agar tubuh seorang lansia tetap sehat dan bugar. Tak mengenal tua ataupun muda, karena kesehatan itu berhak dimiliki oleh semua kalangan manusia. Hidup itu hanya sekali, dengan begitu penting adanya rasa semangat dalam diri untuk terus berusaha menjaga tubuh agar tetap sehat. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu mempertahankan system imun tubuh, seperti : Yoghurt, sayur bayam, brokolo, the hijau, kacang almond, buah beri, buah sitrus, dan jahe.

 

Silmie Rusydiani Sholihah

Masiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat

Jalancagak, Des. Maruyung Kec. Pacet Kab. Bandung

081324960958

silmierusysh@gmail.com

×
Berita Terbaru Update