Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bijaklah dalam Bermain Media sosial

Rabu, 22 Desember 2021 | Desember 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-22T15:25:53Z

Arus globalisasi memaksa seluruh negara dan lapisan masyarakat di dunia untuk menerima kenyataan masuknya pengaruh luar terhadap berbagai aspek kehidupan. Kemajuan teknologi dan informasi, menjadi faktor utama dalam perkembangan media sosial. Saat ini, banyak orang menggunakan media sosial untuk sekedar mencari hiburan seperti bermain game ataupun mencari informasi.

Saat ini, media sosial menjadi suatu hal yang wajib untuk dimiliki bagi setiap kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Banyak orang melakukan berbagai kegiatan pada saat pandemic ini melalui media sosial. Media sosial menjadi semakin sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita., banyak sekali manfaat yang didapat dari media sosial ini, tetapi banyak juga orang-orang yang tidak bijak dalam menggunakan media sosialnya.

Banyak sekali kasus-kasus di media sosial karena kurang bijak menggunakan media sosial, ssperrti prostitusi online anak dibawah umur, banyaknya hoax berita atau berita yang tidak benar beredar,  banyak orang yang candu menonton konten pornografi dan masih banyak lagi. Hal itu membuat media sosial banyak sekali dampak negatif daripada dampak positif karena kurang bijak dalam menggunakan media sosial.

Pada masa pandemi ini banyak sekali hal yang bisa dilakukan di media sosial, seperti mencari pekerjaan, mencari uang, membuat video edukasi menarik, ataupun hanya untuk bermain permainan online. Contoh bagaimana mencari uang melalui media sosial bisa menggunakan Instagram, facebook, tiktok dan media yang lain. Caranya yaitu membuat konten, mempromosikan barang melalui akun media sosial kita ataupun berjualan.

Dalam menggunakan media sosial kita harus pandai dan bijak menggunakannya, media sosial memang ajang untuk kita menuangkan argumentasi kita, karya-karya kita dan lain sebagainya. Namun, media sosial juga bukan tempat kita dapat dengan bebas menuangkan isi pikiran kita. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai peraturan yang ada seperti UU ITE yang harus kita pahami.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa media sosial pada saat ini dibutuhkan sekali untuk dapat mempermudah kita belajar berinteraksi dengan teman baik dalam negeri maupun luas negeri, mencari berbagai informasi dan masih banyak lagi, hal itu bukan berarti kita bisa sembarang menggunakan media sosial. Kita harus bijak dalam menggunakan media sosial.

Fauziyyah Suci Nur'bayyin
Mahasiswi KPI 3B UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update