Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bijak Untuk Bajik Media Sosial

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:53:55Z

Keberadaan media sosial dalam kehidupan manusia di era internet ini dapat dikatakan semakin mudah diakses bahkan membuat interaksi antara satu orang dengan yang lainnya bak tidak terpisahkan oleh jarak. Sejauh ribuan kilometer jarak pemisah bukanlah penghalang bagi manusia untuk saling terhubung satu sama lain.

Penting untuk kita menggunakan media sosial dengan bijak. Sudah seharusnya kita memahami bagaimana menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, membedakan yang benar dan salah, mempertimbangkan pantas atau tidak nya sesuatu yang akan dimuat, serta impact atau dampak yang diperoleh jika kita sudah menggunakan media sosial itu dengan baik. 

Lalu apa saja kebajikan - kebajikan yang kita dapat setelah kita menggunakan media sosial dengan bijak dan baik? 
Penggunaan media sosial yang bijak telah membentuk kembali tatanan dunia baru dalam hal akademik, politik, seni budaya, tindakan etika dan moral. Meskipun interaksi virtual di media sosial tidak memiliki manfaat psikologis yang sama dengan kontak tatap muka, tetapi jika menggunakannya dengan baik maka ada banyak hal positif yang dapat membantu dan mendukung kesejahteraan hidup.

Efek positif berikutnya dari media sosial adalah kemampuannya untuk mengajarkan keterampilan baru kepada pengguna dan berbagi keahlian dengan dunia digital. Pengguna medsos yang bijak akan memikirkan tentang akun yang harus di ikuti atau tidak. Baik itu insfluencer, blogger, merek fashion atau akun tentang akademik dan keterampilan. Masing-masing akun tersebut mungkin membantu mempelajari sesuatu yang baru. Misalnya berbagai tutorial gaya di Instagram mereka atau bahkan hanya menulis teks motivasi yang membangun semangat. 

Media sosial yang dibantu percaya diri telah menyebabkan peningkatan komunikasi secara pribadi. Platform media sosial telah memberikan para pemuda, khususnya mahasiswa sarjana (yang tampaknya lebih mengeksplorasi mereka), untuk berinteraksi dengan pemuda dari ras lain, latar belakang, agama, geografi, dll sebagai akibatnya, mengumpulkan spektrum pengetahuan yang lebih luas. Ketika datang ke media sosial dengan bijak, kebajikan yang timbul akan mengubah strategi media sosial dan meningkatkan keterlibatan komunikasi antar pengguna.

Zennita Meida Abdillah
Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
×
Berita Terbaru Update