Berperan Dalam Media Sosial

Siapa orang yang tidak mengenal media sosial ? Mungkin kata ini sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, karena seluruhnya mungkin telah paham dan menjadi salah satu bagian pengguna dari media sosial ini. Media sosial merupakan sebuah jejaring sosial yang digunakan untuk sarana komunikasi yang dapat menghubungkan satu sama lain dengan cakupan wilayah yang luas tanpa batasan ruang dan waktu.

Di era digital saat ini, dimana segala informasi mampu didapatkan dan disebarluaskan dengan mudah, menjadikan media sosial sebagai sarana yang memiliki daya tarik kuat sehingga semua orang berupaya dalam memahami kegunaan dari media sosial tersebut. Tak jarang pula media sosial dijadikan sebagai sebuah kepentingan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun media sosial juga memberikan dampak baik maupun buruk terhadap diri kita. Dampak baik yang dihasilkan dalam bermedia sosial yaitu sebagai sarana komunikasi, memudahkan dalam mendapatkan suatu informasi, sarana untuk berdiskusi, berbisnis dan lain sebagainya.

Perlu diingat pula bahwa media sosial juga memiliki pengaruh buruk yang tak jarang disalah gunakan oleh orang yang tidak memiliki tanggung jawab diantaranya seperti penipuan, penyebaran berita hoax, penculikan serta hal lainnya.

Maka dari itu sudah jelas bahwa diri kita lah yang memiliki peran dalam menjalankan media sosial. Jika kita berfikir bahwa media sosial memiliki banyak manfaat baik maka kita pula akan terdorong untuk memanfaatkan nya dalam hal kebaikan, namun sebaliknya jika diri telah terdorong pada hal buruk maka media sosial dijadikan sebagai sarana untuk mencari keuntungan sepihak dan menimbulkan berbagai kerugian. Dari sini tinggal kita bertanggung jawab terhadap peran yang kita pilih di dalam ber media sosial dan alangkah baiknya kita memanfaat media sosial sebagai sarana yang mampu menebarkan manfaat yang dapat dirasakan oleh yang lainnya.

Indah Nurhayati
Mahasiswi KPI / 3B
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023