Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bencana Masyarakat yang Harus di Pedulikan

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:32:39Z
 
 
Letusan gunung merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Peristiwa ini berhubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Aktivitas magma yang mempunyai suhu yang sangat tinggi di dalam perut bumi berusaha keluar sehingga dapat terjadi retakan-retakan dan pergeseran lemprng kulit bumi. Magma yang keluar dari perut berapi adalah gunung yang sedang Meletus atau vulkanisme.
Bencana gunung berapi adalah bencana besar yang sedang terjadi di Lumajang. Banyak warga yang mengalami luka – luka dan meninggal akibat erupsi gunung yang Meletus tersebut.  Hingga saat ini tim medis gabungan masih melakukan observasi di ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Haryoto Lumajang. Sementara total jumlah pasien luka bakar akibat erupsi Gunung Semeru, yang dirawat di RSUD Haryoto Lumajang, ada sebanyak 12 orang.
Dari banyaknya bencana yang terjadi tidak sedikit yang menjadi korban .Selain hilangnya nyawa, kerugian saran Dan prasarana juga amat besar sehingga butuh biaya yang tak sedikit untuk rekonstruksi dan rehabilitasi fasilitas yang terdampak bencana.
Maka dari itu diperlukan satu Langkah agar masyarakat bisa mengurangi dampak dari sebuah peristiwa bencana yaitu dengan membangun masyarakat yang sadar akan bencana.
Bencana bisanya dating secara tak terduga yang sejatinya manusia memamng tak pernah bisa  lepas dari bencana. Akan tetapi manusia bisa berudaha untuk meminimalisir dampak dari suatu bencana sehingga kerugian akibat bencana bisa ditekan seminimal mungkin, baik kerugian nyawa maupun kerugian harta benda.
Semua itu akan terjadi jika masyarakat telah sadar akan bencana, bagaimana jika belum sadar bencana ? kita perlu ingat Bersama bahwa membangun masyarakat sadar bencana adalah tanggung jawab semua pihak, bukan pemerintah saja. Jadi hal itu bagian dari tugas kita sebagai ssalah satu komponen bangsa untuk ikut serta membangun masyarakat Indonesia sadar bencana sehingga akan menciptakan Indonesia yang Tangguh bencana.

Silvi Anggraini
Mahasiswi KPI UIN Bandung


×
Berita Terbaru Update