Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bencana Kembali Terjang Bumi Pertiwi

Rabu, 22 Desember 2021 | Desember 22, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-22T15:16:22Z

Deretan bencana kembali menerjang Indonesia di penghujung tahun 2021.Bumi pertiwi di gemparkan dengan peristiwa gunung semeru yang mengalami letusan.Asap yang teramat tebal terlihat menyelimuti sekitaran Gunung Semeru,membuat dua kecamatan di Lumajang berada dalam kondisi gelap gulita.Masyarakat yang semula bisa beraktivitas seperti biasanya,kini harus menelan pil pahit akan bencana alam yang saat ini melanda.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan gempa yang terjadi pun terhitung ada dua kali gempa letusan,dan tujuh kali gempa guguran. Posko Tanggap Darurat mencatat sebanyak 48 orang meninggal dunia,dan 9.977 lainnya mengungsi di 148 titik pengungsian di kabupaten Lumajang.Masyarakat diharapkan terus waspada akan adanya ancaman lahar di alur sungai/lembah yang berhulu di Gunung Semeru.

Bencana Gunung Semeru meninggalkan pengalaman yang menyakitkan di hati masyarakat.Tidak sedikit masyarakat yang merasakan ketakutan,kekhawatiran,bahkan mungkin kehilangan.Banyak anak-anak yang seharusnya bisa bermain dan belajar dengan tenang kini harus kehilangan senyumannya dikarenakan rasa trauma yang mendalam.

Hingga saat ini,kondisi di sekitar Gunung Semeru belum terpantau aman.Perasaaan resah,gelisah,takut,dan khawatir terus menerus menyelimuti masyarakat dan anak-anak.Bahkan ramai jadi perbincangan,seorang anak kecil yang berlindung dari awan panas di dalam masjid seorang diri.Begitu pilu rasanya jika bertahan sendirian dengan penuh rasa takut.

Bencana bukanlah sesuatu yang bisa kita halangi kehadirannya,bukan peristiwa yang memang kita harapkan untuk datang.Bukan pula hanya menjadi duka masyarakat Lumajang saja.Bencana ini menjadi duka kita bersama,duka masyarakat Indonesia.Sesuai dengan nilai Pancasila yang ketiga,persatuan Indonesia.

Nilai Pancasila haruslah kita implementasikan saat ini,yaitu dengan membantu meringankan beban masyarakat,menghibur anak-anak di posko pengungsian,membantu para tenaga kesehatan,dan masih banyak bantuan yang diharapkan oleh saudara kita.Marilah kita saling membantu saudara kita yang sedang mengalami musibah,jika tidak memungkinkan untuk turun langsung ke tempat kejadian,alangkah baiknya membantu secara materil dan doa.

 

Khariza Rizka Fadilah

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Jawa Barat

Alamat Rumah : Perum Panorama Indah Blok C7 no.34 Kabupaten Purwakarta

No HP : 082246496207

Email : Rizka.khariza@gmail.com

×
Berita Terbaru Update