Bencana Dapat Merugikan Sekitar


Bencana tak henti-hentinya menerjang bumi pertiwi ini. Dan kejadian tebaru adalah meletusnya gunung semuru yang banyak menyebabkan korban luka hingga tewas. Kabut tebal yang menyelimuti daerah sekitar langit begitu gelap. Semua kegiatan masyarakat sehari-hari berubah sangat drastis.

Musim hujan pun menjadi penyebab terjadinya banjir akan tetapi hal tersebut berbalik kepada daerah tersebut apabila daerah tersebut sering membuang sampah sembarangan kemungkinan banjir terjadi sangat besar. Maka dari itu menjaga kebersihan lingkungan sekitar sangatlah penting karena bukan berdampak pada diri sendiri saja tetapi merugikan orang lain.

Bencana sebenarnya bisa di hindari dan ada saja yang tidak bisa. Tergantung dari penyebab dari bencana tersebut. Dan bukan juga peristiwa yang kita inginkan. Bahkan jika salah satu daerah mengalami bencana maka bukan hanya daerah itu saja yang mengalami duka tetapi seluruh indonesia pun berduka.

Oleh karena itu kita sebagai warga negara harus saling peduli dan menolong antar sesama manusia karena kita makhluk sosial yang memerlukan bantuan orang lain. Jangan berpikir menolong orang lain mengurangi rezeki kita justru menolong sesama dapat menambah rezeki berkali-kali lipat tanpa kita sadari

Dan nilai pancasila pun harus kita terapkan. Apabila kita tidak dapat membantu tetapi kita membantu menyebarkan link donasi, dan jika bencana tersebut menerjang kota kita hal yang kita lakukan selaku mahasiswa yaitu dengan menghibur,mengajar anak-anak yang tidak bisa sekolah karena terhalang baju sekolah dan baju yang habis oleh bencana.

 

Resi Tri Rahayu S

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023