Bencana Akhir Tahun, Salah Siapa ?

Bumi pertiwi tak henti-hentinya menerima bencana dan kabar duka mulai dari awal tahun hingga di penghujung tahun 2021. Berbagai bencana alam yang selalu disertai kabar duka terus terjadi di tengah pergulatan dengan pandemic covid-19 yang melesat tajam. Banyak jiwa yang sudah  kehilangan nyawanya. Kematian karena covid-19 belum usai, kemudian datang lagi kabar duka dari berbagai bencana alam.

Penghujung maupun awal tahun rasanya sudah menjadi momen pasti adanya bencana alam, entah apa penyebab  pastinya. Disadari atau tidak, makin hari keadaan bumi semakin menua yang mengakibatkan banyak fenomena atau bencana alam yang terjadi.  Banjir, tanah longsor, muntahnya perut bumi, gempa bumi, bahkan prediksi tsunami merupakan bencana yang terjadi di penghujung tahun 2021 yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Tak sedikit diantaranya yang merenggut korban jiwa.

Bencana alam yang terjadi memang tak bisa dihindari tapi bisa kita antisipasi. Tidak seharusnya pula kita menyalahkan alam karena semua ini pasti ada sebab akibatnya. Contohnya seperti yang kita tau bahwa Indonesia merupakan negara yang rawan gempa bumi, pemerintah bahkan sudah ada program dana untuk penanggulangan gempa, tetapi mirisnya masih ada saja oknum yang memanfaatkan dana tersebut untuk kepuasan dirinya sendiri. Jadi tidak heran ketika bencana itu terjadi banyak masyarakat yang kualahan dan buyar. Padahal kita semua bepijak pada bumi yang sama dan sudah sepatutnnya kita mendapatkan hak yang sama pula tetapi malah kita yang terkena imbasnya.

Setelah semua bencana ini terjadi, lalu apa yang harus dilakukan ? gembar gembor di media tidak cukup, menaikan tagar #PrayforIndonesia juga sia-sia karena nyatanya Indonesia butuh aksi bukan reaksi. Daripada terus berpikir bagaimana nasib korban, kita juga harus memikirkan calon korban selanjutnya dari aksi yang dilakukan.

Pemerintah juga tak sepenuhnya salah karena kita sendiri pun harus bercermin. Kita hidup di negara yang sama, tanah yang sama dan tanpa kita sadari kita juga menjadi penyebabnya. Tetapi semua bencana yang terjadi  memang sudah rencana tuhan, tidak bisa menyalahkan siapapun karena bencana ini memang tak bisa dihindari. Namun, jika kita mau mengantisipasi sejak dini, saling mengedukasi satu sama lain,  melakukan perubahan kecil terhadap bumi setidaknya kita bisa meminimalisir parahnya bencana alam yang akan terjadi dikemudian hari dan juga menekan jumlah korban jiwa.

Nurul Maghfiroh Rizqi Maulida
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
Email: nurullmaulida932@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023