Adaptasi Kebiasan Baru di Musim Pancaroba

          Saat ini, musim Pancaroba merupakan musim yang kedatangannya sulit diperkirakan lagi, berbeda halnya dengan musim pancaroba pada era 2000-an awal atau sebelum tahun 2000, yang kedatangannya selalu bisa di prediksi meskipun tidak sepenuhnya data tersebut akurat, setidaknya masyarakat sudah bisa mengantisipasi terkait kedatangan musim Pancaroba yang identik dengan berbagai macam wabah serta penyakit yang mulai berkembang.

         Salah satu penyebab kedatangan musim pancaroba kali ini yang sulit di prediksi adalah disebabkan oleh pemanasan global yang makin hari bumi ini makin padat penduduk serta minimnya sarana penghijauan di muka bumi ini, jadi agak sulit untuk memprediksi cuaca, terutama di daerah perkotaan yang memiliki iklim yang cukup panas, tidak jarang ketika hari sedang panas kemudian tiba-tiba mendadak hujan deras, itulah penyebab dari pemanasan global yang sulit diprediksi datangnya.

          Dibutuhkan adaptasi kebiasaan baru untuk bisa menjaga kualitas imun kita agar kapan pun musim pancaroba datang, tubuh sudah siap untuk membentengi diri terhadap virus yang nantinya banyak berkembang pada saat pancaroba, menjaga pola hidup sehat sejatinya harus dilakukan setiap hari tanpa mengenal musim, agar aktivitas yang dilakukan kita sehari-hari bisa dilakukan dengan maksimal.

         Selain itu juga selain dengan mempersiapkan fisik atau asupan pola makan yang baik, adapatasi kebiasaan baru di tengah pancaroba ini bisa dilakukan dengan mulai mencari tahu terkait macam-macam penyakit ataupun mempelajari hal apa saja yang harus dipersiapkan agar bisa terhindar dari dampak negatif datangnya musim pancaroba ini. Agar kita bukan hanya siap secara fisik tapi kita juga siap secara ilmu supaya nantinya bisa disosialisasikan baik secara langsung maupun melalui media penulisan atau artikel.

         Oleh karena itu, penting sekali untuk memulai adaptasi kebiasan baru ini diterapkan sebelum musim pancaroba tiba. Agar nantinya ketika musim pancaroba sudah tiba, kita tinggal meneruskan kegiatan positif yang kita lakukan sebelumnya dan mencoba menerapkannya bukan hanya sebagai antisipasi datangnya musim pancaroba, melainkan ketika sesudah pancaroba kegiatan seperti ini perlu dilestarikan dan dilanjutkan agar setiap saat tubuh kita bisa sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yang berkembang.

 

Reporter : Faishal Fadhilah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Area lampira

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023