Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunci sukses dunia akhirat

Rabu, 03 November 2021 | November 03, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-03T10:28:18Z

Dakwahpos.com, Bandung- Pada hari jumat, tanggal (26/10/2021) khutbah jumat pada siang hari di Masjid Jami Al Huda mengadakan sebuah cemarah sebelum menunaikan ibadah solat jumat dengan tema "Kunci Sukses Dunia Akhirat". Para jama'ah sangat antusias mendengar khutbah tersebut.

Kali ini penceramah dari khutbah jumat itu adalah Ustad Ecep efendi salah satu ustad didaerah Cemapaka Putih. Dengan pembawaan yang dibawah oleh penceramah tersebut dirasa sangat bermanfaat.

Dalam khutbah tersebut berceritakan menerima takdir sebagai kunci sukses dunia akhirat, hal tersebut disampaikan agar para jama'ah mengimani salah satu rukun iman ke-6 yaitu percaya pada qada dan qadar. Dengan begitu bisa mempelajari hikmah dari sebuah takdir yang telah ditulis dalam laughwahfuz.

Ketika kita mempercayai dan mengambil hikmah dalam sebuah takdir kita akan belajar dan semakin menambah keimanan kita dalam beribadah kepada Allah SWT. hal ini lah yang menjadikan setiap hambanya untuk tersu berusaha dalam menjalakan kehidupannya dengan sebaik-baiknya sebagai manusia.

"kita bisa mengambil contoh dari sebuah takdir yang dapat menguji keimanan kita, dimana hal tersebut bisa menambah keimanan kita atau pun menurunkan keimanan kita sebagai manusia. Belajarlah ambil semua hikmahnya dan jadikan diri kita menjadi orang-orang yang beriman" ujarnya dalam ceramah tersebut.

Dalam hal ini kita mampu memahami sebuah arti dan hakikat dari setiap takdir dan tidak juga ada yang merasa menyalahkan sebuah takdir, merasa paling menderita pada hal tidak melihat yang dibawah mereka apa arti dari setiap penderitaan yang dirasakan oleh orang yang lebih sulit dari kita.

Semakin banyak seseorang mengalami sebuah kejadian yang bisa diambil hikmahnya semakin seseorang tersebut mengimani segala hal yang telah Allah takdirkan kepeda mereka, maka jadikanlah diri kita menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa.

Kemudian khutbah tersebut di tutup dengan pembacaan doa dan juga nasihat kepada jama'ah agar senantiasa bersyukur terhadap segala hal yang terjadi kepada diri masing-masing, agar setiap hal bisa menjadikan jama'ah lebih bertambah keimanannya.

"Tiga kunci sukses bagi seorang muslim ini didasarkan pada firman Allah dalam Surah ar-Rad:11, "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" ucapnya dalam khutbah siang hari

 

Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi para jama'ah dan mendapatkan rahmat serta petunjuk agar senantiasa bersyukur dan juga dapat mengambil inti dari setiap kejadian yang terjadi pada kehidupan yang singkat ini.

 

Reporter: Arif Nugraha

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung jurusan KPI 2020

 

×
Berita Terbaru Update