Haqqul Muslim Ala Muslim

Dakwahpos.com,Bandung - Masjid al-haddi mengadakan pengajian anak-anak pada hari Minggu (31/10/2021). Pada kegiatan pengajian kali ini di pimpin oleh ustadz Buyung. 

Meskipun cuaca sedang mendung tetapi tidak menyurutkan antusias anak-anak untuk menuntut ilmu. Terlebih lagi posisi masjid yang begitu strategis berada di tengah pemukiman sehingga tidak menyulitkan para orang tua untuk menyuruh anak-anaknya menuntut ilmu agama. 

Pada pembukaan awal pengajian yaitu pembacaan sholawat di barengi dengan musik islami yaitu Hadroh. Antusias yang di tunjukan oleh anak-anak patut di acungi jempol, karena dengan penuh semangat mereka bersolawat kepada nabi. 

Setelah pembukaan berakhir ustadz Buyung pun mulai mengisi kegiatan dengan tema " Haqqul Muslim ala muslim " . Penceramah pun memberikan penyampaian yang sangat detail terhadap anak-anak yang mengaji tersebut. 

Dalam sebuah hadist di sebutkan bahwa haqqul Muslim itu memilki enam perkara yaitu : 
1. Mengucapkan salam apabila berjumpa dengan sesama muslim
2. Apabila seseorang mengundang kita, maka penuhilah undangan orang tersebut
3. Apabila ia meminta nasihat, maka berilah ia nasihat
4. Apabila seseorang bersin dan mengucapkan " Alhamdulillah" maka jawablah dengan mengucapkan " Yarhamukallah"
5. Apabila seseorang sakit maka jenguklah 
6. Dan apabila seseorang meninggal maka antarkan jenajahnya.
Dan amalkanlah dalam kehidupan sehari-hari. Ujar ustadz Buyung .

Setelah memberikan sedikit materi tentang haqqul Muslim ala muslim selanjutnya pengajian dilanjutkan dengan membaca Al-Qur'an dan tajwid. 

Jadi dari kesimpulan di atas adalah mengamalkan haqqul Muslim ala muslim dalam kehidupan sehari-hari sangat berguna dan bermanfaat bagi diri kita dan orang lain . 



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023