Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dosen KPI UIN Bandung Ikuti Workshop Evaluasi PPM-JT 2021

Jumat, 05 November 2021 | November 05, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-11-05T04:30:25Z



Dakwahpos.com, Pangandaran - Dosen Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam mengikuti kegiatan Workshop Evaluasi Praktek Profesi Mahasiswa (PPM) dan Job Training (JT) di aula Lantai 4 Krishna Beach Hotel Pangandaran (5/11/2021). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan dihadiri seluruh pimpinan fakultas, dosen dan tenaga kependidikan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan dibuka secara langsung oleh Dekan FDK, Dr. H. Ahmad Sarbini.

Dalam sambutannya, Ahmad Sarbini menegaskan bahwa kegiatan workshop ini merupakan kegiatan akademik yang "sangat penting" karena dilaksanakan lima tahun sekali. Selain itu, menurutnya workshop ini dapat dijadikan sebagai perbandingan dan pengamatan kegiatan  PPM dan JT pada kondisi normal dan pada kondisi pandemi Covid-19. Workshop ini bukan hanya sebagai proses evaluasi, lebih dari itu juga menjadi sarana kritik dan auto kritik bagi perbaikan sistem maupun pola PPM dan JT ke depannya.

"Tiga hal penting dalam kegiatan workshop FDK UIN SGD Bandung kali ini, yakni ketepatan metodologi, relevansi, dan kontribusi kegiatan PPM dan JT. Sudah waktunya Kita mengkritisi secara tajam sejauh mana kontribusi PPM dan JT bagi peningkatan kemampuan, keterampilan, dan kompetensi mahasiswa dari setiap prodinya masing-masing. Ini bukan hanya sekedar rutinitas akademik tahunan tanpa makna, lebih dari itu harapan kita bersama melalui kegiatan PPM-JT akan terbentuk sarjana-sarjana profesional yang lahir sesuai dengan kapasitas keilmuan prodi-prodi di FDK UIN Bandung dan siap berkontribusi di dunia kerja serta di tengah  masyarakat," tutur Ahmad Sarbini .

Setelah mengikuti workshop, Ahmad Sarbini berharap para dosen membawa oleh-oleh, yaitu pikiran-pikiran cerdas, jernih, besar terkait dengan perbaikan mutu penyelenggaraan PPM dan JT. 

"Kita akan tindak lanjuti hasil workshop ini dalam agenda rapat pimpinan (Rapim) FDK sehingga mewujud panduan ideal PPM dan JT terbaru bagi mahasiswa yang kuat, relevan, dan juga berkontribusi bagi peningkatan mutu kompetensi mahasiswa melalui PPM-JT tersebut," ungkap Dekan.

Para Ketua Jurusan di lingkungan FDK menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan PPM dan JT di masing-masing jurusannya dan mencatat berbagai masukan dari dosen pembimbing bahan perbaikan pelaksanaan PPM-JT di tahun berikutnya.

Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag dalam pemaparan evaluasinya menyampaikan bahwa PPM di Jurusan KPI terdapat 11 bentuk alternatif kegiatan. 157 Mahasiswa yang mendaftar kegiatan PPM bisa memilih salah satu 11 bentuk kegiatan PPM tersebut. 

"Berdasarkan seminar hasil PPM yang dilaksanakan oleh dosen pembimbing dengan mahasiswa, diketahui bahwa seluruh mahasiswa bisa mengikuti kegiatan dengan baik, hanya terdapat beberapa kendala yang harus diantisipasi agar tidak berulang pada kegiatna PPM berikutnya," ungkapnya.

×
Berita Terbaru Update