Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tuntaskan Pandemi, LPM Kelurahan Cipedes Gelar Vaksinasi

Jumat, 08 Oktober 2021 | Oktober 08, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-08T13:35:38Z

Dakwahpos.com, Bandung – LPM Kelurahan Cipedes menyelenggarakan program vaksinasi pada Rabu 6 Oktober 2021 pada jam 08.00 WIB sampai dengan jam 11.30 WIB. Vaksinasi ini bertempat di dalam Masjid Ash – Shodiqin Kelurahan Cipedes. Para peserta mulai berdatangan sejam sebelum vaksinasi dimulai, walaupun demikian pihak penyelenggara sudah mengantisipasinya dengan memberikan nomor urut antrean agar tidak terjadi kerumunan.

Ketua LPM Kelurahan Cipedes mengingatkan kepada para peserta untuk selalu menerapkan Prokes atau Protokol kesehatan secara ketat, walaupun mereka sudah di vaksinasi. Hal ini sebagai bentuk upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Covid – 19.

Program vaksinasi ini merupakan tahap kedua yang sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 6 September 2021 bertempat di Masjid Ash – Shodiqin. Menurut salah satu anggota LPM diselenggarakannya program vaksinasi ini untuk memfasilitasi masyarakat yang khususnya warga RW 08 untuk sesegera mungkin divaksin karena di daerah sini masih banyak warga yang belum di vaksin hingga sekarang.

Adanya vaksinasi ini didukung oleh UPT Puskesmas Sukajadi dalam penyediaan vaksin. Dosis vaksin yang disediakan sebanyak 160, oleh sebab itu pesertanya pun dibatasi sesuai dengan jumlah dosis vaksin tersebut. Vaksin jenis Sinovac yang digunakan oleh para nakes untuk menyuntikan kepada para peserta.

Para peserta vaksin mendaftar dengan menunjukkan kartu vaksin dosis pertama dan menyerahkan fotokopi KTP. "Apabila ada peserta vaksin yang belum mempunyai KTP, maka hanya perlu menunjukan Kartu Keluarga Saja," imbuh Nining salah satu anggota LPM ketika ditanyai mengenai peserta yang tidak mempunyai KTP.

Peserta vaksin terdiri dari semua kelompok usia mau itu anak – anak atau yang sudah lanjut usia. Dan mayoritas warga yang menjadi peserta berdomisili di sekitaran RW 08 Kelurahan Cipedes.
 
Prosedur vaksinasi bagi peserta dibantu oleh tenaga kesehatan dari UPT Puskesmas Sukajadi, Linmas dan dari  beberapa anggota LPM. Hal ini membuat para peserta tak kebingungan selama proses vaksinasi terhitung dari pendaftaran, ketika penyuntikan vaksin, sampai mereka mendapatkan kartu vaksinasi tahap dua. Di dalam pelaksanaannya tak jauh beda dari program vaksinasi di tempat lain. seperti pendaftaran, screening, vaksin, observasi dan pemberian kartu vaksin. Setelah penyuntikan para peserta diharap untuk menunggu sekitar 15 menit untuk mendeteksi reaksi yang dialami oleh mereka.

Dilihat dari jumlah peserta vaksinasi yang tercatat hadir sejumlah 160 orang ini merupakan suatu keberhasilan bagi LPM Kelurahan Cipedes dalam mempercepat jumlah warga yang sudah divaksin sampai dengan tahap dua.

Vaksinasi ini melibatkan Ketua LPM Kelurahan Cipedes Sakimin dengan beberapa anggotanya, Ketua RW 08 Agus Sugiharto, para Ketua RT 01 sampai dengan RT 08, serta ibu – ibu kader PKK yang selalu ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program vaksinasi ini. Tak lupa di akhir kegiatan vaksinasi ini Ketua LPM mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak karena telah ikut bekerja sama untuk menyelenggarakan vaksinasi dengan aman dan lancar.

Reporter : Fajri Ramadhan, KPI 5B
×
Berita Terbaru Update