Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tiga Amalan Tidak Terputus Ketika Meninggal Dunia

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T02:49:03Z

Dakwahpos.com, Garut- Dijelaskan bahwa orang yang meninggal akan terputus seluruh amalnya kecuali tiga amalan yang diperoleh dari orang lain atau orang yang masih hidup di dunia.

Dalam hadis Riwayat Muslim Rasulullah SAW menjelaskan kepada kita umatnya  bahwa apabila seorang manusia meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga yakni sedekah Jariyah,  ilmu yang diambil manfaatnya dan anak saleh yang mendoakannya.

Sedekah tidak harus ketika  telah menjadi seorang yang  mapan atau kaya, memberikan ilmu kepada orang lain tidak harus melebih-lebihkan agar terlihat pintar akan tetapi yang dapat di manfaatkan oleh orang yang menerimanya. Dan didiklah anak menjadi anak yang shaleh dan dapat mendoakan ketika kita tak di dunia lagi. Ujar Ustadz Syarifudin jum'at ( 29/10/2021) 
 
Ustadz Syarifudin juga menjelaskan bahwa para orang tua seharusnya dapat mendidik anak dan membesarkannya dengan melalui proses pengajaran di pesantren agar anak dapat memiliki ilmu-ilmu yang tidak dimiliki ketika mereka hanya belajar di sekolah biasa di pesantren akan mendapatkan didikan pandangan tentang Islam Aqidah Fiqih Tauhid dan lain-lainnya. Agar ketika  para orang tua atau kerabat seorang anak akan dapat mendoakannya dan menjadi amal baik. 

Memberikan pelajaran atau ilmu  yang dapat dimanfaatkan oleh orang lain dan juga tanpa  mengharapkan pujian karena keikhlasan juga di butuhkan.  Karena sebaik- baik nya ilmu adalah ilmu yang manfaat bukan hanya karena mendapatkannya. 

Dan juga sedekah  Jariyah juga dapat dipergunakan untuk orang yang meninggal untuk mendapatkan kan amalan dengan cara ketika mereka mewakafkan suatu hal yang dapat dilakukan untuk orang-orang melakukan ibadah dan berbuat kebaikan dan selama itu pula orang yang meninggal akan mendapatkan amalan pahala dari apa yang mereka perbuat. Dan mendoakan orang yang meninggal yang telah mewakafkannya. 

Pada intinya bahwa orang yang sudah meninggal meski amalnya terputus maka ia masih bisa menerima manfaat dari amal yang dilakukan oleh orang lain yang masih hidup. oleh karena itu kita harus melakukan kebaikan selama hidup kepada orang lain agar kita dapat memperoleh apa yang di perbuatnya karena pada dasarnya ketika kita meninggal, kita telah selesai dengan amal yang kita perbuat Dan tidak bisa menambahkannya secara pribadi .

Reporter : Shofwah Annisa
MAHASISWI UIN SGD BANDUNG


×
Berita Terbaru Update