Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Teladani Sifat Nabi dan Amalkan Sunnahnya

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T02:42:22Z

Dakwahpos.com, Bogor – Para Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) al Hidayah kp. Babakan Rawa Haur rt02/06 mengadakan Maulid Nabi, yang dilaksanakan di hari Selasa pada tanggal 19 Oktober 2021. Tujuan diadakan nya maulid ini untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan perayaan maulid ini sudah menjadi tradisi di setiap tahunnya, dalam kutipan Nahdhatul Ulama (NU) Online, Maulid Nabi dilakukan oleh umat islam sejak tahun kedua hijriah. Kegiatan Maulid Nabi bagi umat muslim adalah sebagai bentuk penghormatan dan keteladanan kepada Nabi Muhammad SAW.

Namun ada pula beberapa umat muslim yang mengatakan bahwa adanya perayaan Maulid Nabi ini merupakan bid'ah, dan biasanya yang menyebutkan bahwa perayaan Maulid Nabi itu bid'ah bukan dari kalangan NU. Sejauh ini mayoritas para warga di kp. Babakan Rawa Haur merupakan penganut Nahdhatul Ulama (NU).

"Semoga dengan adanya peringatan Maulid Nabi ini kita bisa meneladani sifat-sifat dan mengamalkan sunnah nya Nabi Muhammad SAW." ucap Kyai Hj. Supriyadi sebagai pengisi ceramah di Masjid al Hidayah (19/10/2021)

Dengan mengadakannya perayaan Maulid Nabi ini mengungkapkan kegembiraan terhadap lahirnya Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa rahmat kepada umat muslim. Perayaan Maulid Nabi ini juga agar umat muslim memahai akhlak terpuji dari Nabi Muhammad dan bisa meneladaninya.

Para warga kp. Babakan Rawa Haur selalu antusias untuk menyambut perayaan Maulid Nabi ini. Biasanya para warga sekitar sibuk memasak dirumahnya masing-masing untuk di bawa ke masjid dan dibagikan kepada para jama'ah yang hadir melaksanakan Maulid Nabi tersebut. 

Hal ini sudah menjadi tradisi di kp. Babakan Rawa Haur, ada yang membawa makanan berat dari nasi hingga lauk pauk, ada juga yang membawa makanan ringan seperti snack dan kue.

"Semoga kita di panjangkan umurnya sehingga bisa bertemu lagi dan bisa merayakan Maulid Nabi seperti ini di tahun depan dan di tahun-tahun selanjutnya. Selain itu kita juga bisa merayakan hari-hari besar Islam lainnya" ujar Kyai Hj. Supriyadi menutup ceramahnya (19/10/2021)

Reporter : Nurfachriza
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update